DAERAH

Kapolres Batubara Akan Tindak Lanjuti Tambang Padas di Desa Mangkailama

Bisanews.id-Batubara-Aktivitas penambangan batu padas yang sudah berlangsung puluhan tahun di Desa Mangkai Lama Kecamatan Limapuluh yang hanya menghasilkan berbagai persoalan lingkungan akan ditindaklanjuti oleh Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang.

Kapolres yang kini tengah naik pamor di Batubara itu diketahui akan menindaklanjuti praktik penambangan padas yang ditengarai bermasalah itu lewat pesan singkat yang dikirim melalui aplikasi whatsApp pribadinya pada Minggu (06/01/2019) kepada wartawan.

Menanggapi langkah responship Kapolres Batubara itu terkait aktifitas galian C di Desa Mangkai Lama, Koordinator Divisi Hukum dan HAM PB GEMKARA Ahmad Yani, SH mengapresiasinya.

Lokasi tambang Padas Desa Mangkai Lama terlihat curam dengan kedalaman mencapai puluhan meter, selain dapat mengancam keselamatan warga, juga dikhawatirkan mengancam tiang sutet yang ada disekitarnya

“Kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Kapolres Batubara yang telah menyatakan akan segera menyikapi keberadaan galian C di Desa Mangkai Lama,” ucap praktisi hukum Sumatera Utara itu saat dihubungi Bisanews.id.

Yani berharap tindakan yang akan dilakukan oleh Polres Batubara dengan melakukan pengusutan terhadap dugaan pelanggaran terkait pengrusakan lingkungan dikawasan itu.

Duharapkan Yani, Polres Batubara melakukan penyidikan terhadap bekas galian C yang ditinggal pengelolanya itu, Dikatakannya demikian karena berdasarkan UU No 4 Tahun 2009 dinyatakan pengelola wajib melaksanakan reklamasi dan pemulihan lingkungan pasca tambang.
“Ada sanksi pidana bagi pengelola yang lalai melaksanakan pemulihan lingkungan”, ujarnya.

Saat ini khususnya di Dusun VII Desa Mangkai Lama, masih beroperasi 3 galian C berupa penambangan batu padas. Ketiganya diketahui milik pengusaha berinisial HP, Br dan T.

Sementara berdasarkan pengamatan GEMKARA bersama aktivis peduli lingkungan, sedikitnya ada 6 pengelola yang telah meninggalkan lokasi penambangan yang disinyalir tidak melakukan pemulihan lingkungan.

Ketika dikabari rencana Kapolres Batubara yang segera akan menindaklanjuti permintaan masyarakat, Ketua Paguyuban Mangkai M Saini juga menyambut gembira.

M Saini bahkan berujar, Paguyuban yang dipimpinnya akan siap membantu Polres Batubara bila turun melakukan penertiban dan penindakan terhadap galian C yang diduga menyalah itu, tukasnya.(Thh)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close