DAERAH

Pertahankan Kerukunan, FKUB Batubara Akan Dibentuk Sampai Tingkat Desa

Bisanews.id-Batubara-Pertahankan Kerukunan, FKUB Batubara Akan Dibentuk Sampai Tingkat Desa-Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Batubara menggelar rapat koordinasi daerah (Rakorda) ke-1 bersama pemerintah, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan para Camat sekabupaten Batubara pada Kamis (25/7/2019) di aula kantor Bupati Batubara di Limapuluh.

Bupati Batubara diwakili Asisten Pemerintahan Iskandar dalam arahannya meminta kepada FKUB untuk menjaga keharmonisan antar intern dan antar umat beragama, serta antar umat beragama dengan pemerintah.

Peran FKUB sangatlah strategis dalam menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih lagi dalam membentengi bangsa ini dari isu konflik yang digiring kearah agama. Oleh karena itu diharapkan semua tokoh dan pemuka agama agar lebih sigap dan bekerjasama dalam membangun keharmonisan keumatan di Kabupaten Batubara ini”, ujarnya.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi bangsa saat ini dan kedepan tidaklah sederhana. Masalah kerukunan umat beragama merupakan tantangan negara yang berada persis didepan mata.

Meski secara umum kehidupan umat beragama di Kabupaten Batubara sudah sejak lama dalam suasana yang aman, tentram dan damai. Meskipun masyarakatnya yang tergolong heterogen, namun masyarakatnya dapat hidup berdampingan dan saling tolong menolong.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Batubara, Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi atas segala upaya FKUB, Forkopimda dan seluruh masyarakat dan segenap unsur terkait yang telah ikut serta bahu membahu dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di daerah ini, katanya.

Kepada tokoh agama, saya berharap agar terus menanamkan dan mengimplementasikan pola hidup berdampingan secara damai dan rukun dalam indahnya perbedaan kepada masing-masing umat. Karena diyakini bahwa masyarakat Batubara masih memegang teguh apa yang disampaikan dan dicontohkan oleh para tokoh-tokoh agama terdahulu,” imbuhnya.

Sebelumnya ketua FKUB Batubara, Adenan Haris mengatakan, untuk memperkuat peran FKUB, pihaknya akan mengusulkan agar dibentuk FKUB ditingkat Kecamatan bahkan sampai ketingkat Desa.

“Tahun depan kita usulkan agar FKUB untuk kecamatan dibentuk. Selain itu, kita juga berharap ada pos anggaran dari dana desa untuk kegiatan forum kerukunan keagamaan di setiap Desa,” pungkasnya.

Amatan awak media ini, kegiatan Rakorda berlangsung sejak pagi hingga berakhir pada pukul 15.00 Wib itu dihadiri Pabung Kodim 02/08 Asahan, Wakapolres Batubara Kompol Herwansyah, Ketua DPRD Selamat Arifin, Mewakili Kejari Batubara, Kakan Kemenag Batubara H Ahmad Sofyan, para camat, para kepala OPD yang tergabung dalam dewan penasehat FKUB serta undangan dan insan pers. (Thh).

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close