DAERAH

Zahir Perintahkan Sekda Bentuk Satgas dan Libatkan Konsultan Dalam Musrenbang

Bisanews.id-Batubara-Untuk mengejar predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait laporan keuangan Pemerintah daerah (LKPD) Kabupaten Batubara tahun 2018, Bupati Batubara Ir H Zahir M.Ap perintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) untuk segera membentuk tim satuan tugas (Satgas).

Hal itu disampaikan Zahir saat memimpin apel gabungan di Halaman Kantor Bupati Batubara, di jalan perintis kemerdekaan Kelurahan Limapuluh Kota Kecamatan Limapuluh, pada Senin (14/1).

Ia mengatakan, memasuki hari ke 18 memimpin Pemerintah Batubara, masih ada sejumlah pimpinan OPD yang belum bekerja secara optimal, bahkan tidak memahami tugas pokok dan fungsi sebagai pimpinan yang notabene sebagai pelayan masyarakat.

dikatakannya, hal ini didapat setelah dirinya melakukan pertemuan dengan BPK Perwakilan Sumatera Utara diketahui bahwa laporan keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Batubara selama 3 tahun memperoleh predikat wajar dengan pengecualian (WDP).

Hal itu menurut Kepala BPK, terjadi karena Bappeda, Inspektorat, keuangan, aset dan sejumlah pimpinan OPD tidak bekerja secara optimal. Akibatnya, asset yang harus diserahkan tidak diserahkan seperti Dinas PU dengan PDAM dan laporan selalu terlambat terhadap LKPD Pemerintah daerah setempat.

“oleh sebab itu, saya minta pak Sekda segera bentuk tim satgas untuk mengejar predikat WTP,” pintanya. Selain itu, seluruh Kasubbag perencanaan dan keuangan diminta segera menyiapkan diri untuk mengikuti pelatihan tentang sistem perencanaan dan sistem laporan pertanggungjawaban keuangan.

Pelatihan dimaksud sudah bisa dilaksanakan diminggu ke empat dengan melibatkan Bappeda dan keuangan Provinsi Sumut, BPK atau BPKP dan Kemenpan serta pihak USU yang sudah diajak untuk bekerja sama, ujarnya.

Sementara untuk pelaksanaan musyawarah perencanaan dan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dan kabupaten yang akan dimulai. Bupati Batubara ketiga itu juga meminta kepada Sekeretaris Daerah (Sekda) untuk menyiapkan konsultan perencanaan.

“Tugas kita masih banyak, RTRW dan RPJMD belum selesai, Musrenbang kecamatan dan kabupaten akan kita mulai. Berarti Pak Sekda siapkan konsultan agar semua perencanaan tidak ngawur dan tepat sasaran”, tukasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Zahir meminta siapkan konsultan yang paham tentang Kabupaten Batubara, paham tentang kebutuhan dan paham perencanaan dan paham peraturan perundang-undangan, sehingga mampu merencanakan pembangunan sesuai program prioritas tahun pertama, tahun kedua dan seterusnya sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Batubara 2018-2023.

Selain musrenbang, Zahir juga berusaha memperbaiki Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) yang saat ini oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bernilai C atau.(MDS).

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close