HEADLINEHUKUM DAN POLITIK

R-APBD Batubara 2019 Rp 1,2 Trilyun Disetujui DPRD

Sejumlah OPD Diminta Perbaiki Kinerja

Bisanews.id – DPRD Batubara sepakat menerima R-APBD Batubara Tahun 2019 sebesar Rp 1,2 Trilyun ditetapkan sebagai APBD daerah setempat dalam rapat paripurna  pendapat akhir seluruh fraksi pada Kamis (22/11) lalu di Gedung DPRD di Limapuluh.

Sesuai laporan badan anggaran (Banggar) DPRD Batubara menyatakan bahwa besar pendapatan Tahun 2019 Rp 1, 140 T. Pembiayaan daerah sebesar Rp 95,7 M yang perlu dicermati secara seksama bahwa perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahun sangat tidak stabil. Dan tahun mendatang akan lebih dinamis. Apa lagi diketahui Batubara termasuk daerah kaya sumber daya alam.

“Kita minta bupati untuk mengevaluasi serta melakukan pendataan secara intensif sehingga penyerapan PAD lebih fantastis,” ujar wakil ketua DPRD Batubara Syafrizal kepada awak Bisanews.id pada Selasa (27/11) di gedung DPRD di Limapuluh.

Selanjutnya belanja daerah pada APBD 2019 sebesar Rp 1,2 T dialokasikan pada masing-masing SKPD dan dan semua Fraksi dapat menerima R APBD Batubara 2019 untuk ditetapkan menjadi APBD dengan beberapa catatan evaluasi seperti adanya desakan agar Kadis PU dapat menegur rekanan pekerjaan pembangunan infrastruktur yang masih terbengkalai di Tahun 2018 ini.

Selain itu, Badan pengelola keuangan dan asset daerah (BPKAD) agar menginventarisir aset bergerak dan tidak bergerak dengan baik, sedangkan Dinas Pendapatan agar lebih mengoptimalkan potensi PAD.

Sama halnya Fraksi Nurani Keadilan DPRD Batubara melalui juru bicaranya Amad Mukhtas kepada Bisanews.id mengaku dapat menerima dan menyetujui R APBD 2019 dengan catatan Pemerintah Daerah perlu memperbaiki system dan kualitas serta kuantitas SDM dibeberapa SKPD yang memilikki target pendapatan dengan harapan tahun berikutnya PAD bisa lebih meningkat.

Kami mengingatkan Pemkab Batubara bahwa kebijakan pengadaan mobil dinas jabatan tidak menjadi skala prioritas. Sebab masih banyak kebutuhan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat antara lain infrastruktur, perekonomian dan kesejahteraan pegawai honorer. (THH)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close