DAERAHHUKUM DAN POLITIK

Anggota DPRD Kecewa, Jalan Protokol Di Batubara Rusak Berat Mirip ‘Kubangan Binatang’

Fahmi SH: Jangan Sampai Jadi Polemik dan dibawa Keranah Hukum

Bisanews.id-BatubaraKetua DPD PAN yang juga anggota DPRD Batubara mengatakan sangat kecewa terhadap kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan penataan ruang (PUPR) setempat yang lamban menindaklanjuti perihal jalan rusak kategori berat.

Pasalnya, setelah beberapa titik badan jalan mengalami kerusakan yang dalam kategori berat terlebih selama musim penghujan. Salah satunya terjadi diruas jalan Kedaisianam menuju desa Perupuk tepatnya di dusun II Desa Guntung atau dekat simpang pantai sejarah.

Ketua DPD PAN sekaligus Anggota DPRD Batubara Fahmi SH

Demikian disampaikan Fahmi kepada Bisanew.id melalui sambungan telephon pada Selasa (4/12) perihal jalan rusak Parah hingga mirip ‘kubangan binantang’ tersebut dan mengaku sangat prihatin terhadap amburadulnya kinerja dinas PU Batubara, apalagi kondisi jalan itu sudah berulang kali disampaikan agar segera diperbaiki, namun belum juga ada tindakan sekecil apapun, ujarnya.

Menurutnya, tidak ada alasan apapun jika masih terdapat jalan rusak yang tidak bisa diperbaiki sebab setiap tahunnya ada dana perawatan rutin yang jumlahnya mencapai milyaran rupiah setiap tahunnya.

Jalan itu, lanjut Fahmi, merupakan salah satu jalan yang sangat vital karena merupakan akses penghubung beberapa kecamatan di daerah itu. Selain Itu jalan tersebut sangat menunjang perekonomian dan aktivitas masyarakat.

“kita kasihan melihat hampir setiap hari ada truck pengangkut hasil panen petani berupa kelapa makan dan sawit terjebak dan terperosok kedalam lobang yang berdiameter 40-60 centimeter dengan kedalaman mencapai 40-50 centimeter”, katanya.

Fahmi mengaku sudah sangat jengkel melihat kinerja dinas PU setempat yang seperti tak acuh dengan kondisi infrastruktur yang rusak. Saya sudah bolak balik sampaikan tapi tak ada respon, apa harus saya tendang mejanya dulu baru mereka perbaiki jalan itu”, katanya kesal.

Dia mengingatkan dengan kondisi jalan rusak itu jangan sampai menjadi polemik ditengah masyarakat apalagi nanti sampai dibawa keranah hukum, sebab kata dia kini pemkab Batubara dan DPRD tengah digugat dipengadilan Negeri Kisaran terkait gagalnya pengesahan P-APBD tahun 2018.

Fahmi berharap dinas PU segera mengambil langkah konkrit agar ruas jalan itu secepatnya diperbaiki meskipun bersifat sementara agar tidak mengganggu stabilitas aktifitas masyarakat sekitar serta semua pengguna jalan itu termasuk para ASN mengingat dikawasan itu terdapat 9 kantor OPD termasuk dinas PUPR dan satu kantor camat.

Terpisah, kepala Desa Guntung Kecamatan Limapuluh Pesisir Mukis kepada awak media ini mengaku sudah menyampaikan perihal jalan tersebut kepada dinas terkait termasuk menyampaikannya kedalam musrenbang tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten beberapa waktu lalu.

Menurut Mukis, jalan tersebut merupakan jalan protokol milik pemkab Batubara yang menghubungkan beberapa kecamatan serta salah satu akses menuju beberapa kantor OPD dan kantor camat.

Mukis juga mengaku sudah banyak menerima keluhan masyarakat terkait kondisi jalan tersebut yang semakin memprihatinkan, namun Mukis mengaku pasrah karena tak mampu berbuat banyak apalagi tidak dibolehkan mengalokasikan dana desa untuk perbaikan jalan tersebut.

Kepala dinas PUPR Batubara Sutriamansyah ketika hendak dikonfirmasi Bisanews.id dikantornya tidak berhasil ditemui, salah satu stafnya mengatakan yang bersangkutan sedang tidak berada dikantor.(Thh)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close