PENDIDIKAN

Zahir Minta Siswa SLTA Sederajat Persiapkan Diri Hadapi Dunia Industri 4.0

Bisanews.id-Batubara– menghadapi Persaingan dalam setiap kesempatan kerja semakin selektif, apalagi dalam era industri 4.0, maka pelajar Batubara yang sudah berada ditingkat SLTA sederajat harus mempersiapkan diri menghadapinya sejak dini.
Demikian dikatakan Bupati Batubara Ir H Zahir, M.Ap usai upacara kesadaran Nasional di Lapangan Bolakaki Limapuluh, Kamis (17/1/2019). Tampak hadir Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang,  Sekdakab Batubara, Kejari Batubara, Dandim 0208/as, para kepala OPD, ASN, ormas, OKP, pelajar dan insan pers.
“Pelajar tingkat SLTA sudah akan memasuki masa produktif untuk bekerja atau melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Ayo buka minat kebidang industri jika melanjutkan studi, apakah ke tehnik perikanan, atau IT, perkebunan, dan sebagainya,” kata Zahir.
Menurutnya, generasi muda saat ini sudah perlu melihat bidang IT sebagai sarana kerja tak bertepi. Siapa saja bisa mencari nafkah disana asalkan memiliki kreativitas dan inovasi yang mampu melihat peluang.
” Kita lihat bagaimana seorang Jack Ma bos Alibaba yang hanya berbekal ilmu bahasa Inggris bisa menjadi milyarder dunia, dan contoh orang sukses lainnya, saya yakin anak Batubara juga bisa, saya akan dorong pendidikan kita setara dengan daerah lain, hingga anak anak kita memiliki daya saing untuk diterima didunia usaha,” kata Zahir.
Ditambahkannya masalah Sumber Daya Manusia (SDM) akan menjadi titik berat pembangunan yang akan dilakukan pemerintahannya kedepan. Dengan menggandeng dunia usaha, juga melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka , baik di Sumatera Utara maupun diluar itu.
Sementara itu mantan Kadis Pendidikan Sumut Saiful Sapri yang turut hadir ditempat itu kepada wartawan mengatakan, Batubara sebagai daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Seimangkei akan menjadi tujuan para pencari kerja.
” Pendidikan di Batubara harus terkoneksi dengan dunia usaha , sehingga bisa mempersiapkan lulusan sekolah yang siap kerja. Peluang putra putri Batubara akan membesar ketika Sumber Daya Manusia nya sudah siap kerja,” kata Saiful.
Mantan Pj Bupati Batubara ini juga mengatakan, membuat ikatan kerja sama dengan perguruan tinggi adalah salah satu solusi untuk meningkatkan SDM. Semasa ia  menjabat ia sudah melakukan MoU dengan Undip di Semarang, dan Politeknik Kelautan Perikanan di Sidoarjo. (Thh).
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close