DAERAHRAGAM

Hadiri Perayaan Natal Oikumene, Zahir Ajak Umat Kristiani Batubara Saling Kasih

Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang Sebagai Ketua Panitia Natal Oikumene

Bisanews.id-Batubara-Ribuan umat Kristiani dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Batubara tumpah ruah menghadiri perayaan Natal Oikumene tahun 2018 di Lapangan Bola Kaki, Kecamatan Limapuluh, pada Jumat (28/12/2018).

Perayaan Natal Oikumene dengan thema Yesus Kristus Hikmat bagi Dia (1 Korintus 1:30a) dan sub tema Hikmat Kelahiran Yesus Kristus Mengajak Setiap Manusia di Dalam Keharmonisan Saling Tegur Sapa, Saling Menolong, Menjaga Kerukunan, Membantu dan Menebar Cinta Kasih itu berlangsung sejak pukul 14.00 Wib hingga pukul 23.00 waktu setempat.

Perayaan Natal yang diawali dengan penyalaan lilin yang dilakukan Pengkotbah Rev Raymon Mooi dari Malaysia, Kapolres Batubara, AKBP Robinson Simatupang, dan Pdt Batara Silalahi.

Kapolres Batubara, AKBP Robinson Simatupang, sekaligus Ketua Panitia Natal Oikumene Batubara mengatakan, perayaan Natal tersebut diharapkan dapat berkontribusi dalam menghadirkan kedamaian dan kesejahteraan dengan kekuatan hikmat Tuhan, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa akan terus terjaga dan terpelihara.

Melalui perayaan Natal itu, umat Kristiani Batubara diajak untuk bersedia mengabdi penuh hikmat bahwa perayaan Natal meneguhkan pentingnya bijak menyikapi perbedaan agar terwujud damai penuh hikmat. Melalui kedamaian akan memberi kesempatan untuk melakukan kebajikan. Karena itu, ujar Robinson Simatupang, dia mengajak seluruh elemen lapisan masyarakat Batubara agar berperan aktif memelihara suasana damai dan terus aktif mendukung Pemerintah Kabupaten Batubara.

“Pesan dari perayaan Natal, khususnya bagi masyarakat kristiani, agar mampu membawa damai kenyamanan dan menjunjung kerukunan antarumat beragama di Batubara dan yang terpenting dapat mewujudkan pembangunan,” tutur AKBP Robinson.

Bupati Batubara, Ir H Zahir, M.Ap mengatakan, peringatan Natal pada hakikatnya adalah momentum bagi seluruh umat nasrani untuk meningkatkan kesadaran bahwa keselamatan telah Tuhan anugerahkan bagi umat manusia yang percaya padanya.

Sebagai umat yang telah menerima anugerah keselamatan, umat Nasrani wajib memelihara keselamatan yang telah Tuhan anugerahkan dan senantiasa membagi kasih anugerah yang telah diterima bagi sekelilingnya.

Selain itu, lanjutnya, perayaan Natal juga menjadi salah satu sarana untuk peningkatan kualitas hidup beragama untuk seluruh umat di dunia. Dengan meningkatnya kualitas hidup beragama, diharapkan dapat meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara untuk senantiasa memberi yang terbaik yang mampu diberikan.

Zahir berpesan, hendaknya hidup dalam keberagaman secara damai di Kabupaten Batubara hendaknya dapat memberi contoh kebersamaan dan memberi rasa damai, “Kita menyadari banyak dari kita berasal dari berbagai daerah, berlatar belakang berbeda, tapi kita disatukan dalam satu wilayah yang membentuk pola pikir maupun bersikap. Mari kita bersatu bersama-sama membangun Batubara, mempererat tali persaudaraan antarsesama manusia serta berbagi kasih dengan sauda-saudara sekeliling kita,” imbuh Zahir.

Zahir juga meminta semua umat Nasrani yang ada di Batubara untuk dapat mendukungnya demi mewujudkan cita-cita perubahan yang sempat tertunda. Untuk itu Zahir meminta do’a dan dukungan dari ummat agar diberikan kekuatan serta kesehatan untuk mewujudkan semua itu.

“Jika dulu bapak dan ibu sudah mendukung saya menjadi Bupati dan sekarang sudah dilantik, maka hendaknya saya juga didukung untuk merealisasikan visi misi saya untuk kebaikan daerah ini dan saya tidak akan membuat perbedaan baik suku, golongan serta agama”, ujarnya mengakhiri.

Tampak hadir, Ketua DPRD Batubara Selamata Arifin, Anggota DPR-RI dari PDIP Dr Junimat Girsang, Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba, Anggota DPRD Batubara M Syafi’i, para pengetua adat, para pendeta dan sintua serta tokoh masyarakat Batak, para undangan lainnya serta insan pers.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close