Bupati Batu Bara Buka Simposium Nasional Apkasi Hari Kedua

Bupati Batu Bara Buka Simposium Nasional Apkasi Hari Kedua
Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP menyampaikan kata sambutan saat membuka Simposium Nasional Apkasi hari kedua, di Gedung Ditjen Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (9/8/2023). (Foto : Diskominfo Batu Bara).

JAKARTA | Bisanews.id |Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, yang juga Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), membuka Simposium Nasional Apkasi hari kedua, di Gedung Ditjen Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Mewujudkan Sumber Daya Manusia Sehat dan Unggul Melalui Kemitraan Perguruan Tinggi Negeri dalam Program 2.500 Beasiswa Daerah Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Zahir dalam sambutannya mengatakan, Apkasi selaku organisasi pemerintah daerah akan mengambil peran sebagai katalisator dalam membangun hubungan sinergis ke berbagai pihak, baik dengan para ahli, praktisi, dan pemerintah.

“Simposium Nasional ini terselenggara guna mempertemukan berbagai stakeholder dari kalangan pemerintah pusat, daerah, dan perguruan tinggi, sehingga terbentuknya kemitraan strategis untuk pembangunan SDM jangka panjang, melalui penyelenggaraan Beasiswa Daerah Indonesia Emas,” sebut Zahir.

Untuk diketahui, sebelumnya, Selasa (8/8/2023), Apkasi telah melakukan penandatanganan MoU dengan Mitra Perguruan Tinggi (PT) ternama, menghadirkan 2.500 beasiswa bagi putra putri terbaik daerah untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Mitra PT yang sudah menandatangani MoU, di antaranya Politeknik Keuangan Negara STAN, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Kemudian, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pattimura, UPN Veteran Yogyakarta, dan Universitas Malikussaleh.

Zahir berharap, melalui kerja sama yang baik dengan berbagai perguruan tinggi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM anak anak yang tinggal di daerah.

Baca Juga:  Warga Protes Debu Kilang Pecah Batu Bikin Sesak Nafas
Writer: IsoEditor: Abdul Muis