Bupati Sergai Ajak Semua Pihak Dukung Gerakan Pramuka

Bupati Sergai Ajak Semua Pihak Dukung Gerakan Pramuka
Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya foto bersama peserta Lomba Tingkat Regu Pramuka Tiga Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sergai, di Lapangan Golf PTPN IV Pabatu, Kecamatan Tebing Tinggi, Jumat (24/2/2023). (Foto : Media Center Sergai/Herry/Bisanews.id).

SERGAI | Bisanews.id | Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H Darma Wijaya secara resmi membuka Lomba Tingkat Regu Pramuka Tiga (LT-III) Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sergai, di Lapangan Golf PTPN IV Pabatu, Kecamatan Tebing Tinggi, Jumat (24/2/2023).

Darma dalam arahannya menyebutkan, kompetisi merupakan sifat anak, remaja, dan kaum muda dalam kegiatannya sehari-hari.

Menurutnya, perlombaan merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta untuk berprestasi, guna mencapai tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka.

“Berlomba dalam Gerakan Pramuka bukan untuk menang, tetapi untuk meningkatkan ketahanan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik”, ujar Darma.

“LT-III Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sergai merupakan salah satu sarana meningkatkan prestasi, serta sebagai evaluasi kualitas hasil pembinaan Anggota Gerakan Pramuka Golongan Penggalang di Gugus Depan,” imbuhnya.

Bupati mengingatkan, para peserta yang masih belia itu sangat memerlukan dukungan, arahan, dan bimbingan, baik secara moral maupun finansial. Sehingga, menjadi kewajiban bersama untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan memfasilitasi kegiatan kepramukaan secara berkesinambungan.

“Termasuk dalam memberikan bantuan ketersediaan tenaga, dana, dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan kepada Gugus Depan, Satuan, dan Kwarcab,” ujarnya.

Bupati berpesan agar peserta LT-III mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Ia mengingatkan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan, persatuan dan persaudaraan, serta kekompakan sebagai Pramuka Indonesia.

“Junjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan sportivitas dalam berlomba berlandaskan Tri Satya dan Dasa Darma. Menang dan kalah adalah hal yang biasa dalam berlomba, tetapi bagi saya kalian semua adalah pemenang dan juara. Yang dibutuhkan ke depan bukan sekedar piagam ataupun trofi juara. Akan tetapi mental pemenang dan juara inilah yang dibutuhkan. Sehinggga bisa menjadi generasi bangsa yang tangguh dan berbudi pekerti luhur,” pinta Darma.

Baca Juga:  Bupati Sergai Lantik 2 Pejabat JPT Pratama

Bupati juga mengingatkan agar peserta tetap menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Sebab, agama merupakan salah satu pondasi yang kokoh untuk menghadang besarnya pengaruh negataif. Hanya dengan penguatan nilai-nilai agama, semua tantangan zaman bisa diatasi.

“Marilah perdalam nilai agama, serta amalkan setiap ajaran agama yang dianut. Bagi yang beragama Islam laksanakan salat lima waktu. Laksanakan puasa Ramadan yang tidak sampai sebulan lagi, serta anjuran agama lainnya. Bagi yang beragama lainnya, juga melakukan setiap ajaran dan kebajikan agamanya. Inilah namanya jiwa pramuka yang religius. Pramuka yang sesuai dengan pencapaian visi Pemkab Sergai,” tandasnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sergai, HM Faisal Hasrimy AP MAP menjelaskan, perhelatan tersebut bertujuan agar seluruh anggota Gerakan Pramuka menjadi Warga Negara Indonesia yang mandiri, peduli, dan bertanggung jawab.

Faisal yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai tersebut menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan mulai 24 hingga 27 Februari 2023. Ada 19 cabang yang diperlombakan, di antaranya packing, administrasi regu, hasta karya, bivak, dan morse.

Bagi regu yang berprestasi, ujarnya, berhak mewakili Sergai dalam Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT-IV) Kwarcab Gerakan Pramuka Sumatra Utara tahun 2023.

“LT-III Kabupaten Sergai ini diikuti 437 peserta dari 17 kecamatan se-Sergai. Adapun peserta berusia 11 sampai dengan 15 tahun,” ungkap Faisal dalam acara yang dihadiri Camat Tebing Tinggi, Edy Syahputra SSTP MSi.

Writer: HerryEditor: Abdul Muis