Bupati Sergai : Membangun Karakter Anak Merupakan Kewajiban Berkelanjutan

Bupati Sergai : Membangun Karakter Anak Merupakan Kewajiban Berkelanjutan
Bupati Sergai, H. Darma Wijaya menyampaikan kata sambutan pada Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (28/7/2023). (Foto : Media Center Sergai/Herry/Bisanews.id). 

SERGAI | Bisanews.id |Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H. Darma Wijaya menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (28/7/2023).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, tumbuh kembang anak akan menentukan tingkat kemajuan bangsa. Setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental, maupun sosial.

“Tidak kalah penting, anak juga harus memperoleh perlindungan dan terpenuhi hak-haknya. Upaya membangun karakter anak merupakan sebuah kewajiban berkelanjutan, yang hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang,” ucap Darma.

Dia menekankan, anak-anak Indonesia harus tumbuh sehat, sekolah setinggi-tingginya, memiliki identitas, dibesarkan dengan kasih sayang, dilindungi dari kekerasan, seperti eksploitasi dan berbagai perlakuan salah lainnya, serta harus aktif berpartisipasi dan bersuara. Namun, juga harus didengarkan oleh orang dewasa.

Ia meminta, semua harus bergerak menyatukan kekuatan untuk melindungi anak-anak dari hal-hal yang tidak baik agar Indonesia maju karena memiliki generasi unggul.

Dia mengungkapkan, sejak 1984 pemerintah menetapkan 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional. Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dilaksanakan setiap tahun, baik di tingkat pusat maupun daerah.

“HAN tahun ini merupakan peringatan ke-39 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, yang bertujuan sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Dengan tema ini diharapkan dapat memotivasi kita semua dalam pendidikan/pengasuhan anak, menurunkan kekerasan terhadap anak, menurunkan pekerja anak, mencegah perkawinan anak, memenuhi hak anak, dan perlindungan terhadap anak,” ujarnya.

“Saya imbau kepada seluruh OPD dan jajarannya selaku tim gugus tugas kabupaten layak anak sesuai dengan tupoksi dan kewenangan masing-masing untuk benar-benar berperan aktif dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak,” tegasnya.

Baca Juga:  Wamenag Minta DMDI Indonesia Berperan Aktif Jaga Stabilitas Pemilu 2024

Khusus kepada anak-anak Sergai, Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik itu berpesan agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan benar. Ia juga meminta agar anak-anak menghormati orang tua dan guru, mencintai keluarga, masyarakat, teman, tanah air, bangsa, serta negara.

“Tunaikanlah ibadah, taatilah etika, dan jadilah insan berahlak mulia. Bangunlah solidaritas, kesetiakawanan dan toleransi, serta semangat untuk maju, berprestasi dan berbagi,” katanya.

Bupati mengajak semua pihak untuk membangkitkan semangat baru dalam membangun bangsa melalui upaya pemenuhan dan perlindungan anak, demi mewujudkan Indonesia Layak Anak pada 2030.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridai keluarga kita semua, dan majulah anak-anak Serdang Bedagai tercinta. “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Serdang Bedagai Maju Terus,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan, mewakili Polda Sumut Kombes Sumaryono, mewakili Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (PPAKB) Kabid Pemenuhan Hak Anak dan Kualitas Keluarga Dra. Syafiadar Turismiani, MAP.

Writer: HerryEditor: Abdul Muis