Daily MQKN, dari Shalawat Bersama hingga Pertunjukan Silat

Daily MQKN, dari Shalawat Bersama hingga Pertunjukan Silat
Penampilan Musikalisasi Puisi dalam MQKN 2023. (Poto Dok : Kemenag)

LOMONGAN | Bisanews.id |Ribuan santri dari seluruh penjuru Indonesia bertemu di Pesantren Sunan Drajat, Lamongan. Dengan ragam budaya setiap daerah, mereka yang bertemu saling belajar dan bertukar cerita. Ini adalah pemandangan setiap malam yang dapat disaksikan selama gelaran Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) 2023.

Dilansir dari Laman Kemenag, setiap malam, panitia mengadakan Daily MQKN dengan ragam pentas. Mulai dari malam pembukaan pada 11 Juli 2023 hingga malam ini, Jumat (14/7/2023).

Pada Rabu, 12 Juli 2023, Gending Joyo Samudro dari Sunan Drajat menyajikan tembang dan beragam lagu populer yang diminati santri saat ini.

Selajutnya, Kamis (13/7/2023) kemarin panitia menggelar Tadarrus Film yaitu Nonton dan Diskusi Film: Jalan Pendidikan Pesantren. Tadarrus Film ini menghadirkan narasumber yang terkait dengan produksi film dan pihak-pihak yang concern terhadap dunia perfilman.

Hadir sebagai moderator, Hamzah Sahal. Ia memandu diskusi dengan dengan beberapa narasumber, yaitu: Yahdi Jamhur, Biaty Ahwarumi dan Magdalena Friya.

Dengan tajuk Malam Kebudayaan, pada Jum’at (14/07/2023) panggung utama MQKN dimeriahkan dengan sejumlah pertunjukan. Mulai dari Paduan Suara dari Santri Putri Sunan Drajat, pembacaan puisi, musikalisasi puisi, barongsai dan juga atraksi pencak silat.

Santri delegasi dari DKI Jakarta, Afifah Choirah mengaku bahwa pertunjukkan setiap malam pada MQKN ke-7 ini sangat menarik. Menjadikan para peserta cukup rileks dalam menghadapi kompetisi santri tingkat nasional ini.

“Menurutku, semuanya seru dan menarik. Tetapi tadi yang paling berkesan itu pertunjukan silatnya. Kita amazed banget dengan penampilan yang rapih dengan banyak orang itu,” jelas Afifah di Lamongan pada Jum’at (14/7/2023).

“Seru banget kak, kita jadi bisa mengeksplor banyak hal disini. Kebudayaan dan juga peserta lain bisa saling berinteraksi,” kata Meilani Anastasia, rekan Afifah. Meilani mengaku sangat senang karena dalam event ini juga ada undian berhadiah dan kebetulan ia memenangkan sebuah voucher belanja.

Baca Juga:  Video Detik-Detik Kereta Api Tabrak Tronton di Sergai Viral

Sementara itu, para performer silat mengakui bahwa sebuah kebahagiaan dan kebanggan tersendiri untuk tampil di event nasional ini. Dengan persiapan penampilan selama kurang lebih 10 hari, mereka merasa senang dapat tampil dengan penonton santri dari seluruh penjuru Indonesia.

Besok malam adalah malam Daily MQKN terakhir sebelum penampilan final para peserta. Dengan tajuk Gambusan Night, panitia menghadirkan bintang tamu grup qasidah Ezzura.

Sementara, acara penutupan MQKN 2023 rencananya akan diisi dengan Shalawat Kerukunan pada Senin, 17 Juli 2023 malam. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan hadir dalam malam penutupan ini.

Kegiatan juga akan diramaikan dengan bintang tamu grup Shalawat Syubbanul Muslimin. Malam penutupan MQKN 2023 rencananya juga akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube: @Kemenag_RI dan @pendischannel.

Writer: AyEditor: Ayub