Dinkes P2KB Batu Bara Gelar Pengukuran Kebugaran Calhaj

Dinkes P2KB Batu Bara Gelar Pengukuran Kebugaran Calhaj
Petugas Dinkes P2KB Batu Bara melakukan pemeriksaan terhadap jemaah calon haji, di Lapangan Indrasakti, Kecamatan Air Putih, Kamis (25/5/2023). (Foto : Dinkes P2KB BB/Ambarita/Bisanews.id).

BATU BARA | Bisanews.id | Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Batu Bara menggelar pengukuran kebugaran terhadap jemaah calon haji (calhaj) 2023, di Lapangan Indrasakti, Kecamatan Air Putih, dan Lapangan Kantor Camat Talawi, Kamis (25/5/2023).

Plt Kepala Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara, dr Deni Syahputra melalui Kabid Kesmas, Abdul Fuad Helmi, di sela-sela kegiatan mengatakan, pemeriksaan kesehatan dan kebugaran jasmani, serta pembinaan, sangat penting untuk menjaga kondisi prima calhaj.

“Kegiatan pengukuran kebugaran calon haji saat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pembinaan kebugaran jasmani bagi jemaah haji, sehingga tercapai jemaah haji dari Kabupaten Batu Bara yang sehat dan bugar”, kata Fuad.

Dijelaskannya, pihaknya melalui puskesmas telah melakukan pemeriksaan kesehatan meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik, laboratorium, dan melakukan pembinaan untuk mengatasi penyakit yang diderita.

“Namun, belum disertai dengan pembinaan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Oleh karena itu, salah satu upaya dalam pembinaan meningkatkan kebugaran maka dilakukan tes kebugaran jemaah calon haji”, ujarnya.

Tes kebugaran, lanjutnya, meliputi pengukuran tekanan darah, kolesterol, asam urat, kadar gula darah, dan rapid tes Covid-19.

Disebutkannya, di Kabupaten Batu Bara sampai saat ini tercatat sebanyak 287 calhaj yang akan diberangkatkan tahun 2023 ini bila kondisi sudah memungkinkan.

Baca Juga:  Kapolrestabes Medan Buka Puasa Bersama Wartawan 
Writer: AmbaritaEditor: Abdul Muis