Dukung Pengembangan UMKM, Wabup Sergai Resmikan Unit Pengolah Ikan Empat Putri

Dukung Pengembangan UMKM, Wabup Sergai Resmikan Unit Pengolah Ikan Empat Putri
Wakil Bupati Sergai H. Adlin Tambunan saat menghadiri pemberian bantuan sarana dan prasarana pembangunan Unit Pengolah Ikan (UPI) kepada sejumlah Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar) hasil perikanan di Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan, Kamis (26/10/2023). (Foto : Media Center Sergai/Herry/bisanews.id)

SERGAI | Bisanews.id |Sebagai bentuk nyata kepedulian kepada pelaku UMKM, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana pembangunan Unit Pengolah Ikan (UPI) kepada sejumlah Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar) hasil perikanan. Salah satunya kepada Poklahsar Empat Putri di Dusun II Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan.

Wakil Bupati Sergai H. Adlin Tambunan menjelaskan jika dirinya telah berkunjung beberapa kali ke Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan. Dirinya bercerita jika saat pertama kali ke Desa Lidah Tanah, ia menempuh waktu yang cukup lama karena jalannya yang rusak.

“Namun kini jalan menuju Desa Lidah Tanah ini sudah bagus, ini merupakan program kami bersama Bupati Sergai pak H. Darma Wijaya yang fokus pada pembangunan infrastruktur. Tujuannya untuk perbaikan ekonomi masyarakat. Karena jalan mulus ekonomi bagus, ” Ujarnya saat meresmikan gedung Unit Pengolahan Ikan (UPI) Kelompok Empat Putri di Dusun II Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan, Kamis (26/10/2023).

Selain fokus pada infrastruktur, Pemerintah juga getol memberikan bantuan kepada pelaku UMKM. Salah satunya pembangunan gedung UPI ini.

“Melalui bantuan ini, kami harap omset produksi dapat naik. Produksi naik, pemasaran lancar, dan yang terpenting konsisten dalam berusaha dan menjaga kualitas produk sehingga usaha kita maju,” tambahnya.

Pihaknya selalu berupaya agar produk UMKM di Sergai dapat naik kelas, tidak hanya dipasarkan kepada masyarakat desa dan kecamatan bahkan hingga menjadi oleh-oleh khas Sergai dan dipasarkan ke luar daerah.

“Kami selalu berupaya agar masyarakat kita jadi Enterpreneur dan penggiat usaha besar. Kami akan terus bantu perizinannya untuk dipermudah, pemasaran pun kami bantu. Ini dapat menambah pemasukan keluarga, ” tandasnya.

Baca Juga:  Bobby Nasution Sebut Warga Medan Selayang Guyub Bantu Program Pemko

Sebelumnya Ketua Poklahsar Empat Putri Murni mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai yang telah memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana UPI ini.

“Karena bantuan ini sangat membantu kelompok empat Putri. Kami yakin UMKM kami bisa bangkit. Kelompok ini bukan hanya memproduksi kerupuk ikan tenggiri, namun juga ada cake dan kue-kuean ” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan Sergai Claudia Siregar melaporkan bahwa bantuan kepada Poklahsar ini berupa bangunan dan peralatan produksi UPI Empat Putri.

“Ini bantuan dari Pemerintah sebesar Rp 200 juta. Bantuan baik sarana dan prasarana. Revitalisasi Bangunan dan peralatan. Kami harapkan bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan masyarakat, ” lapornya.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Andarias Ginting, Camat Perbaungan M. Fahmi, Kades Lidah Tanah Usman dan pengurus kelompok Empat Putri serta masyarakat.