Film Buya Hamka dalam Pandangan Ketua Umum DPP PUI

Film Buya Hamka dalam Pandangan Ketua Umum DPP PUI
Film Buya Hamka dalam Pandangan Ketua Umum DPP PUI. (Poto : Dok : Mui Digital)

JAKARTA | Bisanews.id | Ketua Umum Dewan Pusat Persatuan Ummat Islam (DPP PUI), KH Nurhasan Zaidi sebut film Buya Hamka cocok ditonton lintas generasi.

Saat hadir pada Gala Premiere Film Buya Hamka di Jakarta, Sabtu (15/4/2023) itu, Kiai Nurhasan dengan antusias menjelaskan film Buya Hamka mengingatkannya pada masa di mana dirinya sering mendengarkan ceramah Buya Hamka.

“Saya alhamdulillah termasuk kelompok umur yang sempat menikmati nasehat dan ceramah-ceramahnya Buya Hamka, jadi barusan saya cukup terharu meneteskan air mata,” kata dia dalam keterangannya kepada MUI Digital (2/5/2023).

Kiai Nurhasan juga bercerita tentang ayahnya yang menemani Ketua PUI saat itu untuk menemui Buya Hamka yang tengah sakit.

Sebagaimana mestinya, Ketua Umum PUI kala itu, Aziz Halim, mendoakan kesehatan Buya Hamka seraya berujar bahwa Buya Hamka harus kembali sehat agar umat tidak kehilangan sosok orang tua.

Sontak Buya Hamka justru menasehati Aziz Halim itu dengan mengatakan, “Kalau kamu kehilangan orang tua, jadilah kamu orang tua,” saksi Kiai Nurhasan menceritakan kisah ayahnya.

“Jadi memang Buya Hamka ini seorang ulama dan sastrawan, jadi nasihat-nasihatnya itu bernash, kontennya kuat, dan indah didengar,” terang Kiai Nurhasan.

Karenanya, Kiai Nurhasan dengan mantap menyatakan bahwa film Buya Hamka memang cocok untuk generasi seusianya. Generasi yang mengenal dan mengalami Buya Hamka saat masih aktif dakwah wajib menonton film tersebut.

Tetapi, Kiai Hasan Zaidi juga mendorong generasi muda menonton film Buya Hamka karena sarat dengan sejarah dan perjuangan anak bangsa. Sehingga film Buya Hamka cocok bagi lintas generasi.

“Karena dengan mempelajari sejarah itu bisa membangkitkan emosi, semangat untuk berjihad dan berdakwah,” jelasnya.

Baca Juga:  Sat Lantas Polres Sergai Berbagi Sembako ke Warga Kurang Mampu
Writer: AyEditor: Ay