Jelang HUT Ke-78 RI, Wabup Sergai Saksikan Pidato Presiden Secara Virtual

Jelang HUT Ke-78 RI, Wabup Sergai Saksikan Pidato Presiden Secara Virtual
Wabup Sergai, Adlin Tambunan bersama Forkopimda menyaksikan pidato Presiden RI secara virtual, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sergai, Rabu (16/8/2023).(Foto : Media Center Sergai/Herry/Bisanews.id). 

SERGAI | Bisanews.id |Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai), H. Adlin Tambunan mengikuti dua agenda nasional jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), Rabu (16/8/2023).

Kedua agenda tersebut, yaitu Rapat Paripurna Istimewa Menyaksikan Pidato Presiden RI secara virtual pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI Tahun 2023, pada pagi hari, dan Rapat Paripurna Istimewa Mendengarkan Pidato Presiden Republik Indonesia dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024, pada siang hari. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sergai.

Ditemui pasca rapat paripurna, Adlin menyampaikan, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan beberapa pesan penting dalam rangkaian pidatonya, mulai dari Indonesia yang memasuki tahun politik, budaya dan moralitas, hingga peluang Indonesia Emas 2045.

“Tadi Pak Presiden menyampaikan rasa keprihatinannya mengenai hilangnya budaya santun dan budi pekerti di masyarakat, di mana kebebasan dan demokrasi digunakan untuk menyebarkan fitnah dan kebencian. Hal ini melukai budaya luhur bangsa Indonesia,” ucap Adlin.

Selain itu, dia menyebutkan, Presiden meyakini potensi Indonesia dalam mencapai prestasi besar, termasuk Indonesia Emas 2045 sebagai tujuan untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

“Pak Jokowi menekankan bahwa peluang ini harus dimanfaatkan dengan fokus pada langkah-langkah produktif dan memajukan bangsa, serta menjaga moralitas dan mentalitas masyarakat,” katanya.

Presiden, lanjut Adlin, juga menyinggung hal-hal strategis, seperti kredibilitas Indonesia di dunia internasional, ekonomi hijau dan hilirisasi, serta peningkatan daya saing.

“Pak Presiden menyadari betul pentingnya kerja sama antara berbagai lembaga dan komponen masyarakat dalam mencapai kemajuan Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga:  Wali Kota Medan Berharap UNIKA Santo Thomas Ukir Prestasi Membanggakan

Kedua agenda ini juga diikuti Anggota DPRD, para Asisten, Staf Ahli, dan OPD.

Writer: HerryEditor: Abdul Muis