Kahiyang : Ingat, Stop Boros Pangan

Kahiyang : Ingat, Stop Boros Pangan
Ketua dan kader TP PKK Kota Medan foto bersama usai panen jagung di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Jalan Selambo, Medan Amplas, Rabu (16/8/2023). (Foto : Pemko Medan). 

MEDAN | Bisanews.id |Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution mengimbau seluruh kadernya dan masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang menyebabkan terjadinya boros pangan, seperti membuang makanan dan memesan makanan berlebihan.

Sebab, kata Kahiyang, tanpa disadari sampah bahan pangan yang ada saat ini sudah mengkhawatirkan, sehingga memengaruhi

produksi sampah, baik skala kota, negara, maupun dunia.

“TP PKK Kota Medan akan terus mengajak kadernya dan seluruh lapisan masyarakat Kota Medan untuk tidak boros pangan, dan dapat mengolah sisa makanan menjadi pupuk organik. Ingat, stop boros pangan”, kata Kahiyang saat memanen hasil tanaman di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP), Jalan Selambo, Medan Amplas, Rabu (16/8/2023).

Dalam kegiatan itu Kahiyang didampingi Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, Plt Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Agus Suryono, serta para kader TP PKK Kota Medan.

Pada kesempatan itu Kahiyang juga meninjau pembuatan eco enzym, cairan serba guna hasil fermentasi limbah dapur, seperti sisa buah dan sayuran, yang dapat digunakan sebagai pupuk organik.

Sementara itu, Plt Kadis KPPP Kota Medan Agus Suryono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi sekaligus mengajak masyarakat agar tidak boros pangan.

Dikatakan Agus, hasil panen ini nantinya akan diserahkan kepada TP PKK Kota Medan, untuk selanjutnya dimanfaatkan mengatasi persoalan stunting.

“Jadi banyak yang mau dicapai. Selain kebun pembibitan dan percontohan, DKPPP juga berkolaborasi dengan PKK untuk mengatasi persoalan stunting di Kota Medan,” jelas Agus.

Baca Juga:  Pemkab Batu Bara Terapkan Sistem Pembayaran Parkir dan PKB Non Tunai
Writer: AyuEditor: Abdul Muis