Kemendagri Apresiasi Pemda Sukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Kemendagri Apresiasi Pemda Sukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih
Wali Kota Medan, Bobby Nasution membagikan bendera merah putih kepada pengendara yang melintas di Jalan Raden Saleh, Medan, beberapa waktu lalu. (Foto : Pemko Medan/Ayub/Bisanews.id).

MEDAN | Bisanews.id |Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bachtiar Baharuddin, mengapresiasi seluruh pemerintahan daerah (pemda), forkopimda, dan segenap tokoh masyarakat yang telah menyukseskan pelaksanaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2023.

Apresiasi ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Virtual Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2023, Jumat (14/7/2023), di Medan.

Turut hadir dalam rapat koordinasi itu perwakilan Pemko Medan dari Badan Kesbangpol, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Medan.

Disebutkan, Pemko Medan telah melaksanakan kegiatan ini pada Jumat, 7 Juli 2023 lalu dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad, Wakapolrestabes Medan AKBP Yudhi Hery Setiawan serta sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan.

Dalam rapat evaluasi itu Bachtiar mengungkapkan, kegiatan nasional yang merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia ini berlangsung mulai 1 Juni sampai 31 Agustus 2023.

Dia menyebutkan, perhelatan ini juga meneguhkan rasa kebangsaan serta menguatkan rasa persatuan dan persatuan.

Apalagi saat ini, lanjutnya, bangsa Indonesia telah memasuki tahun politik. Risiko keterbelahan sampai tingkat terkecil mungkin terjadi akibat perbedaan pilihan.

“Gerakan ini diharapkan dapat menyadarkan dan mengingatkan anak bangsa, walaupun berbeda pilihan kita tetap hidup dalam satu bangsa, yang mempunyai satu bendera, yakni merah putih,” sebutnya seraya mengatakan, bendera merah putih adalah simbol perekat kesatuan bangsa.

Di Medan, Wali Kota Bobby Nasution langsung turun ke jalan membagikan bendera merah putih kepada masyarakat yang melintas di depan Balai Kota Medan.

“Dengan pembagian bendera ini, kita berharap dapat mengembalikan semangat kemerdekaan masyarakat. Apalagi sebentar lagi kita merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus dan jiwa nasionalis kita tidak boleh luntur sedikit pun,” kata Bobby Nasution saat itu.

Baca Juga:  Bupati Sergai Serahkan SK Pengangkatan 499 PPPK Guru

Tidak hanya membagikan, Bobby Nasution turut memasangkan bendera merah putih ukuran kecil di besi spion sepeda motor masyarakat. Sambil memasang bendera, Bobby Nasution juga mengimbau masyarakat untuk menyambut dan memeriahkan perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

 

 

 

Writer: AyuEditor: Abdul Muis