Menko PMK Nilai Program DMDI Sangat Membantu Pemerintah

Menko PMK Nilai Program DMDI Sangat Membantu Pemerintah
Presiden DMDI TYT Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Rustam menyerahkan pataka kepada Said Aldi Al Idrus yang dilantik sebagai Ketua Umum DMDI Indonesia, Sabtu (2/2/2023), di Hotel Borobudur, Jakarta. (Foto : DMDI Indonesia).

JAKARTA | Bisanews.id |Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang akan melahirkan 100 ribu saudagar Melayu di Indonesia dan pembentukan food bank di setiap provinsi sangat membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan menciptakan pengusaha muda baru.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof Dr H Muhajir Efendi MAP mengemukakan hal itu pada acara Pelantikan Pengurus DMDI Indonesia di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (2/2/2023).

Pada kesempatan ini Datuk H Said Aldi Al Idrus dilantik sebagai Ketua Umum DMDI Indonesia oleh Presiden DMDI TYT Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Rustam.

Hadir juga Anggota DPD-RI Iskandar Batubara, Wakil Presiden DMDI Komjen Pol (Purn) DR H Syafruddin pengurus DMDI Malaysia, DMDI Singapura, dan pengurus DMDI tingkat provinsi se-Indonesia.

Ketum DMDI Indonesia Said Aldi mengatakan, pasca pengukuhan sampai pada saat pelantikan, dirinya langsung bekerja mengembangkan organisasi ini hingga keseluruh penjuru tanah air.

“Beberapa hari lalu, saya melantik pengurus DMDI Batam dan Aceh. Akan menyusul nanti untuk wilayah Sulawesi,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Said Aldi, DMDI Indonesia bersama pengurus provinsi akan membangun Museum Melayu di Indonesia, yang nantinya diharapkan dapat mengumpulkan barang-barang peninggalan bersejarah dan adat budaya Melayu. Sehingga, anak cucu dan generasi muda suku ini bisa mengetahui bagaimana para leluhur mempertahankan eksistensi Melayu di tanah air.

“Dengan memohon doa restu dan dukungan dan para stakeholder, DMDI Indonesia berencana akan membangun Museum Melayu. Ini tujuan mulia supaya anak cucu kita nantinya bisa mengetahui nilai-nilai sejarah Melayu di Indonesia,” tutur Said Aldi.

Selain itu, lanjutnya, dia juga akan menjalankan amanah yang diberikan Presiden DMDI Tun Seri Ali Rustam agar membuka Food Bank DMDI di seluruh provinsi di Indonesia,

Baca Juga:  Kader Dasawisma Diminta Ikut Berperan Atasi Stunting

“Hal ini penting dilakukan, sebab masih banyak saudara kita yang tidak mampu dan masih membutuhkan bantuan kita. Karena itu, dengan niat yang tulus sesuai dengan program kerja DMDI yakni sosial dan kemanusiaan, saya akan bekerja maksimal untuk membuka Food Bank DMDI hingga penjuru tanah air. Dan semoga banyak di antara kita yang nantinya berkenan menjadi donatur agar masyarakat kurang mampu di Indonesia bisa terbantu,” jelasnya.

Said Aldi juga mengungkapkan, akan dibukanya Food Bank di Indonesia ini juga bertujuan ikut membantu program pemerintah dalam mempertahankan ketahanan pangan yang saat ini tengah digalakkan Presiden Joko Widodo.

“DMDI juga satu visi dengan Presiden Jokowi, yakni mempertahankan ketahanan pangan. Mari sama-sama kita berdoa agar Food Bank DMDI di seluruh tanah air segera terbentuk,” ucapnya.

Said Aldi mengatakan, dia bersama pengurus juga berkomitmen akan membentuk DMDI di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan kemajuan suku, adat, budaya Melayu di tanah air.

“Saya bersama pengurus DMDI Indonesia yang terpilih akan bergerak sampai DMDI di seluruh provinsi se Indonesia terbentuk. Selain silaturahmi, tujuannya juga untuk membangun dan memajukan suku, adat dan budaya Melayu,” tegasnya.

Tak hanya itu, Said Aldi juga menekankan, DMDI adalah salah satu organisasi Islam terbesar dunia yang penyebarannya sampai ke mancanegara.

Kemudian, lanjutnya, organisasi ini bukan hanya sebagai identitas bagi rumpun Melayu, namun juga menjadi kekuatan dalam memperkokoh akar budaya, etika kemelayuan yang harus diturunkan kepada generasi berikutnya.

Sementara itu Presiden DMDI Tun Seri Ali Rustam dalam amanatnya berpesan kepada Said Aldi agar tetap mengedepankan program sosial dan kemanusiaan, membantu masyarakat yang kurang mampu dan tertimpa musibah maupun bencana.

Baca Juga:  Jadikan Al-Qur'an sebagai Pedoman dalam Setiap Tindakan dan Keputusan

“Sebab, kemiskinan masih menjadi persoalan setiap bangsa di dunia untuk bisa mengentaskannya. Maka dari itu, dengan kehadiran dan nama besar DMDI, kita bisa membantu pemerintah. Itu tujuan mulia dan dianjurkan dalam agama Islam,” tegas Ali Rustam.

Sejalan dengan hal itu, sambung Tun Seri Ali Rustam, dirinya meminta Said Aldi agar segera membuka Food Bank DMDI di Indonesia, supaya masyarakat yang membutuhkan bisa terbantu.

“Isu kemiskinan terus menghantui setiap negara di dunia, termasuk Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Maka dari itu, segeralah bentuk Food Bank di Indonesia,” pintanya.

Ali Rustam juga mengatakan sedang menargetkan agar DMDI segera terbentuk di seluruh penjuru dunia, minimal dua per tiga negara di dunia. Sebab, banyak bangsa dan rumpun Melayu yang berada di Eropa, Asia, Australia, dan Timur Tengah.

“Jika sudah terbentuk DMDI di banyak negara, maka budaya Melayu, budaya Islam, sosial ekonomi dan dakwah Islam bisa dikembangkan menjadi program utama. Ini penting kita lakukan untuk kemajuan DMDI,” ujarnya.

“Terakhir, saya ucapkan selamat kepada Datuk Said Aldi yang terpilih dan telah dilantik menjadi Ketua DMDI Indonesia. Semoga kegiatan DMDI di Indonesia semakin aktif dan lancar. Karena ketuanya sekarang luar biasa, siang malam terus kerja. Meskipun banyak jabatan yang dipegang, tapi saya yakin beliau mampu melaksanakannya. Maka dari itu, saya yakin DMDI mampu terbentuk di seluruh provinsi di Indonesia,” pungkasnya.

Writer: HambaliEditor: Abdul Muis