Nawal Lubis Serahkan Piala Pemenang Lomba Jambore Dasawisma 2023, Kabupaten Batubara Berhasil sebagai Juara Umum

Nawal Lubis Serahkan Piala Pemenang Lomba Jambore Dasawisma 2023, Kabupaten Batubara Berhasil sebagai Juara Umum
Diskominfo Sumut / Fahmi Aulia

MEDAN | Bisanews.id |Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis menyerahkan piala pememang perlombaan Jambore Kader PKK (Dasawisma) tahun 2023. Kabupaten Batubara sebagai Juara Umum karena berhasil menyabet beberapa juara dalam perlombaan yang dipertandingkan.

Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis mengapresiasi kegiatan Jambore Kader PKK (Dasawisma) tahun 2023 yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Grand Mercure Jalan Sutomo Medan. “Saya sangat bangga dan bahagia pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik dan tertib. Metode yang dilakukan dan adu strategi telah dilaksanakan dengan baik pada jambore kali ini,” ucap Nawal Lubis, pada acara Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Lomba, Selasa (22/8) malam.

Hadir di antaranya, Ketua DWP Sumut Dian Arief Trinugroho, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Parlindungan Pane, serta Ketua dan pengurus PKK kabupaten/kota.

Dalam Jambore Dasawisma 2023 ini sebanyak enam perlombaan yang dipertandingkan, di antaranya, lomba penyuluhan stunting, presentasi, puisi, penyuluhan, promosi produk, dan parade medley, yang diikuti kader PKK kabupaten/kota se-Sumut. Seluruh peserta memperebutkan trophy, uang pembinaan serta tablet.

Dalam arahannya, Nawal Lubis berpesan agar pertandingan yang telah dilaksanakan menjadi pengalaman yang dapat menjadi bekal pengetahuan ke depannya. Para kader dapat membahas hal yang baik dan menyampaikan ilmu dan pengalaman yang diperoleh dalam kegiatan ini pada seluruh kader di daerah masing-masing.

Hadiah yang diperoleh, diharapkan dapat motivasi dalam melaksanakan tugas di lapangan dan mengejar prestasi selanjutnya. Termasuk pemberian 60 tablet, yang diharapkan dapat mempermudah kader PKK dalam melaksanakan tugas-tugasnya di lapangan. Apalagi, tugas-tugas kader PKK tidak mudah, mulai dari merencanakan, melaksanakan dan membina pelaksanaan program-program kerja PKK.

Baca Juga:  Labura Siap Menjadi Tuan Rumah MTQ ke-38 Tingkat Provsu 

“Ini kita berikan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat. Disamping itu juga menghimpun, menggerakkan dan membina potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program PKK,” katanya.

 

Nawal juga mengharapkan, tablet yang telah diserahkan kepada para kader PKK tersebut dapat berguna saat menjalankan tugasnya, guna terwujudnya keluarga yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera lahir dan batin. Serta pembentukan karakter keluarga melalui penghayatan, pengamalan Pancasila, kegotong royongan serta kesetaraan dan keadilan gender.

Diketahui dalam perlombaan yang dipertandingkan pada Jambore Dasawisma 2023 tersebut, Kabupaten Batubara meraih Juara Umum karena berhasil menyabet beberapa juara dalam perlombaan yang dipertandingkan.

Pada perlombaan penyuluhan stunting Kabupaten Labuhanbatu berhasil sebagai juara pertama, disusul Kota Padasidimpuan dan Kabupaten Deliserdang. Harapan satu pada pertandingan ini adalah Kabupaten Labura, disusul Kota Medan dan Sergai.

Lomba presentasi jatuh pada Kota Tanjungbalai sebagai juara pertama, Labusel Juara kedua dan Kota Medan juara ketiga. Untuk juara harapan pertama dipegang oleh Kabupaten Madina, disusul Labura dan Deliserdang.

Untuk lomba promosi produk, Kabupaten Batubara sebagai juara pertama, disusul Kota Tanjungbalai juara kedua dan Kota Gunungsitoli juara ketiga. Harapan satu diraih Kabupaten Sergai disusul Kabupaten Tapsel dan Kabupaten Deliserdang.

Lomba Penyuluhan kembali Kabupaten Batubara merebut juara pertama yang kemudian disusul Kabupeten Sergai dan Kota Gunung Sitoli. Untuk harapan pertama diraih Kabupaten Labusel dan disusul Kota Tanjung Balai dan Kabupeten Deliserdang.

Lomba baca puisi, Kabupaten Sergai berhasil menyabet juara pertama disusul Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Palas. Untuk harapan pertama Kota Medan berhasil meraih lomba ini yang disusul Kabupeten Labuhanbatu dan Deliserdang.

Baca Juga:  Anggota DPRD Medan Sebut Rekap C1 Bukan Jadi Acuan

Terakhir pada perlombaan parade medley, kembali Kabupaten Batubara meraih juara pertama yang disusul Kabupaten Labuhanbatu dan Kota Tanjungbalai. Harapan satu diraih Kabupaten Labusel disusul Kabupaten Palas dan Paluta.

 

 

 

Writer: AyEditor: Ayub