Nikmati Wisata Romantis Pulau Berhala Serdang Bedagai

Nikmati Wisata Romantis Pulau Berhala Serdang Bedagai
Pulau Berhala Serdang Bedagai (Sumber : Pigiblog). 

INGIN mengisi waktu liburan bersama keluarga, tak salah lagi kalau mencoba traveling ke Pulau Berhala. Ayo, segera dieksekusi keputusan Anda, pasti puas, pasti mengesankan. Sebab, banyak hal yang bisa dinikmati nantinya di sana.

Destinasi wisata Pulau Berhala yang satu ini namanya sudah sangat terkenal, baik lokal maupun di mancanegara. Karena itulah, pulau ini akan disasar sebagai objek pariwisata berlabel Eco Marine Tourism. Pulau Berhala ini merupakan pulau terluar di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang berletak di Selat Malaka berbatasan dengan Semenanjung Malaysia, dengan luas ± 14,75 hektar, yang persisnya berada di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Untuk sampai ke sana,kita membutuhkan kapal dengan jarak tempuh sekitar 1,5 – 2 jam dari kota Kecamatan. Objek wisata Pulau Berhala ini banyak sekali menawarkan potensi – potensi menarik yang perlu kita ikuti, seperti pemandangan – pemandangannya yang indah dan alami. Mulai dari kawasan hutan yang luas nan hijau, hutan akar bahar. Hutan akar bahar memang bagus sekali untuk mendukung kesuburan laut di sekitar pulau. Inilah yang menjadikan Pulau Berhala beda dari yang lainnya. Pantainya yang eksotis dengan pasir putih, bersih dan halus, serta pemandangan laut biru yang luas dan memukau.

Di sekitar pulau ini terdapat dua pulau kecil di kedua sisi ujungnya. Yakni, Pulau Sokong Nenek yang luasnya tak lebih dari 0,5 hektar di arah tenggara, dan Pulau Sokong Siembang di Barat. Pulau Sokong Nenek bisa ditempuh berjalan kaki melintasi pasir putih saat pantai surut. Sedangkan Sokong Siembah hanya bisa dicapai dengan menumpang boat.

Nikmati Wisata Romantis Pulau Berhala Serdang Bedagai
Menara mercusuar di puncak Pulau Berhala. (Sumber : Ksmtour.com).

Di wilayah Pulau Berhala ini terdapat beberapa anak sungai dan terdapat mata air tawar yang hangat. Kita bisa mandi menyegarkan tubuh kita selepas bermain di pantai.

Baca Juga:  Dinas P3APMPPKB Lakukan Audit Kasus Stunting Di Medan Belawan

Belum lagi pesona alam bawah lautnya yang sulit untuk dilewatkan, berbagai biota laut hidup di dalamnya, dihiasi beragam bentuk terumbu karang yang cantik di bawah dasar laut biru.

Selain menikmati keindahan Pulau Berhala dengan pantainya yang eksotik, pulau ini juga memiliki gugusan batu-batu besar di sepanjang pantainya. Pada puncaknya terdapat sebuah mercusuar dengan sekitar 700 anak tangga jika dihitung dari pos penjaga TNI AL. Wisatawan yang ingin melihat sesuatu lebih menantang juga bisa mendaki ke puncak pulau yang memang tampak seperti sebuah bukit, mengajak pengunjung untuk melihat pesona keindahan dari ketinggian. Atau bisa juga mencoba trekking dari dua rute alternatif yang ada dari bibir pantai.

Selain itu juga keindahan dan bersihnya pasir pantai di sana dengan air lautnya yang jernih menjadi potensi habitat penyu hidup dan berkembang biak di pantai tersebut. Penangkaran hewan laut yang langka dan dilindungi, juga bisa menjadi momen berkesan, dan tak mau beranjak saat bagaimana penyu – penyu tersebut menggali bersarang dan bertelur di penangkaran tersebut.

Selanjutnya destinasi wisata ini juga sarat dengan keindahan – keindahan alami lainnya di sekitar pulau, baik itu kawasan hutan yang berada di perbukitan memberi kesan sejuk, dan banyak habitat hewan yang hidup di kawasan hutan tersebut, seperti biawak, kera dan berbagai macam jenis burung. Sementara suasana pantai eksotik menambah indahnya pemandangan di pulau tersebut,yang pas sekali berfoto atau berfose ria lainnya sebagai momen kenangan yang indah, romantis dan mengesankan untuk diabadikan.

Nikmati Wisata Romantis Pulau Berhala Serdang Bedagai
Pulau Berhala Serdang Bedagai. (Sumber : Tripadvisor.co.id).

Pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas di pulau tersebut sesuai potensi yang ada, seperti berenang di pinggiran pantai, berpetualangan, menyelam melihat keindahan dalam laut, memancing ikan, dan mencari kerang di dasar pasir pantai yang halus.

Baca Juga:  Satu Hati dan ReBorn Baksos & Sosialisasi Eco Enzime

Jadi, bagi wisatawan yang hobi memancing, berkunjung ke sana jangan lupa bawa alat pancing, karena banyak jenis ikan – ikan laut yang bisa didapat di sana, seperti ikan kakap, ikan kerapu, cumi – cumi, dan jenis ikan lainnya. Karena itulah Pulau Berhala ini menjadikan salah satu aset pariwisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai “Tanah Bertuah Negeri Beradat”

Untuk memasuki kawasan Pulau Berhala ini, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Biaya yang dikeluarkan hanya sewa kapal pulang pergi. Dari

sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan luasnya laut dengan hilir mudik perahu nelayan yang mencari ikan. Di pulaunya kita sesekali dapat melihat kapal – kapal besar yang melintas. Pokoknya puas kalau ke sana di Pulau Berhala, kamu pasti ingin kembali mengulanginya.

Dalam hal tersebut, Kepala Desa Bagan Kuala, Safril memberikan tanggapannya kepada media ini, Sabtu (12/8/2023) sore, mengatakan, Pulau Berhala masuk dalam wilayah Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin.

Nikmati Wisata Romantis Pulau Berhala Serdang Bedagai
Pintu gerbang menuju destinasi wisata Pulau Berhala Serdang Bedagai. (Sumber : Ksmtour.com).

Keadaan di wilayah Pulau Berhala ini masih sangat alami, baik hutan maupun alamnya tampak indah. Di sekitar perbukitan dan pesisir pantainya ditumbuhi hutan – hutan yang rindang, membawa suasana sejuk dan asri. Lokasinya bebukit – bukit dan memiliki anak tangga, jadi kita bisa sampai ke puncak melalui anak tangga. Pulau Berhala ini juga satu – satunya pulau terluar bagian timur Sumatera Utara berada di Selat Malaka yang berbatasan dengan Semenanjung Malaysia. Di puncak bukitnya juga dipasang lampu mercusuar, sehingga nampak indah di sekeliling pulau dengan cahaya lampu di saat malam.

Pemerintah Daerah Kabupaten Serdang Bedagai di bawah kepemimpinan Bapak Bupati Darma Wijaya dan Bapak Wakil Bupati Adlin Tambunan juga sangat perhatian dengan pariwisata yang ada di Serdang Bedagai, seperti pembangunan akses jalan, jembatan penangkaran penyu dan mes- mes tempat penginapan untuk pengunjung di sana, pemberian alat – alat penunjang kemudahan dan kenyaman pengunjung, serta melakukan promosi digital di media sosial (medsos)”, katanya.

Baca Juga:  Kantor Bawaslu Langkat Dibobol Maling, Kerugian Capai Rp 70 Juta

Sementara itu, salah seorang warga yang pernah berwisata ke Pulau Berhala, Bambang Irawan (22), warga Medan, menyampaikan hal yang sama terkait keindahan dan kecantikan detinasi wisata Pulau Berhala yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Memang indah pemandangannya di sana. Saya sangat suka, banyak hal – hal yang menarik di tempat itu, baik itu kawasan hutan yang luas dan alami, ditumbuhi banyak macam jenis pohon yang tumbuh di sana. Pokoknya bagus tempat wisata yang nyaman. Kalau di pantainya, kita juga bisa melihat bermacam – macam jenis ikan laut yang cantik berenang di pinggiran pulau di dalam permukaan air yang jernih. Sesekali terlihat ikan lumba – lumba mendekat melompat bersama ombak laut di permukaan secara berkelompok. Dan lebih serunya banyak pengunjung menghabiskan waktunya memancing ikan di pinggiran titi tangkahan kapal. Jadi, objek wisata Pulau Berhala tak kalah indahnya dengan objek wisata terkenal lainnya yang ada di Indonesia. Sangat berkesan, dan ingin rasanya datang kembali ke sana bersama teman -teman, ” jelasnya, Kamis (10/8/2023) kepada media ini.

Writer: HerryEditor: Abdul Muis