Objek Wisata Pantai, Salah Satu Destinasi Wisata Andalan Di Kabupaten Sergai

Objek Wisata Pantai, Salah Satu Destinasi Wisata Andalan Di Kabupaten Sergai
Kolam Around The World Theme Park Pantai Cermin. (Foto : Travels Promo).

SERGAI | Bisanews.id | Kabupaten Serdang Bedagai adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara, yang memiliki objek wisata, yang cukup banyak dan beragam. Salah satu objek wisata yang menjadi andalan kabupaten ini adalah destinasi wisata pantainya yang cukup banyak dan menarik untuk dikunjungi.

Sebelumnya, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) adalah kabupaten pemekaran yang terdiri dari 17 kecamatan, dan 5 di antaranya memiliki garis pantai yang berbatasan dengan Selat Malaka, yakni Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Pantai Cermin, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Tanjung Beringin, dan Kecamatan Bandar Khalifah.

Untuk destinasi wisata pantai di Kabupaten Serdang Bedagai cukup terkenal sudah lama, di antaranya seperti Pantai Cermin Theme Park, Pantai Bali Lestari, Pantai Sri Mersing, Pantai Cemara Kemba, Pantai Romantis, Pantai Mangrove, Pantai Kuala Putri, Pantai Klang, dan banyak lagi destinasi wisata pantai yang lainnya, berikut mengenal beberapa objek wisata pantai yang menjadi andalan di Kabupaten Serdang Bedagai.

PANTAI CERMIN THEME PARK

Pantai Cermin Theme Park adalah wisata pantai yang dilengkapi dengan wisata air yang modern, berlokasi di Pantai Cermin Kanan. Wisata air dengan berbagai fasilitas yang lengkap sengaja disajikan membuat bagi pengunjung betah. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas, halus, dan bersih.

Theme Park ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, seperti wahana permainan air, dan tempat penginapan yang modern, serta restoran, serta tempat bersantai sembari menikmati suasana Pantai Cermin dengan ombak laut yang berkejaran.

 

Objek Wisata Pantai, Salah Satu Destinasi Wisata Andalan Di Kabupaten Sergai
Pantai Bali Lestari. (Foto : Portal Wisata).

PANTAI BALI LESTARI

Tempat wisata pantai selanjutnya adalah Pantai Bali Lestari. Pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai lain, karena pihak pengelola merancang pantai dengan mengangkat kultur budaya Bali. Sesuai dengan nama pantainya, karena lokasinya berdekatan dengan Kampung Bali Serdang Bedagai. Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin. Kamu bisa melihat pura di sekitar pantai dengan desain khas Bali. Sangat bagus sebagai tempat berfoto.

Baca Juga:  Pemkab Batu Bara Gelar Halalbihalal di Danau Laut Tador

PANTAI SRI MERSING

Selanjutnya, objek wisata yang murah meriah lainnya adalah Pantai Sri Mersing, yang juga wajib dikunjungi liburan bersama keluarga. Objek wisata pantai ini berlokasi di Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermai.

Pantai Sri Mersing ini juga namanya cukup terkenal dengan khas pasir putih dengan pesona alam yang luar biasa. Pohon-pohon cemara yang tumbuh berjejeran di sekitar pantai menambah suasana kesejukan dan teduh dari teriknya matahari.

Pantai Sri Mersing ini juga menyediakan pondok-pondok yang pas untuk beristirahat bersama keluarga sambil menikmati laut dari kejauhan. Untuk akses jalan ke tempat tersebut sangat mudah, karena dilengkapi infrastruktur yang bagus.

PANTAI CEMARA KEMBAR

Pantai Cemara Kembar ini juga pantai yang tak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang ada di Sergai lainnya. Pantai ini terletak di Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan. Pantai ini juga mengangkat khas budaya lokal atau budaya Melayu dan budaya lainnya. Pantai yang dengan pesona panorama alam yang eksotis.

Tak hanya itu, Pantai Cemara Kembar ini juga memiliki suasana romantis yang cocok dikunjungi pasangan berbulan madu karna pondok-pondoknya diselimuti dengan kain yang berwana warni dan cocok berfoto ria. Pantai Cemara Kembar juga memiliki replika kerajaan Serdang, pas pokoknya menginap beberapa malam di pantai ini.

PANTAI ROMANTIS

Objek wisata pantai lainnya yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi adalah Pantai Romantis. Pantai ini salah satu pantai yang berada di Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan. Pantai Romantis memang nama yang sesuai dengan lokasi yang dibuat sedemikian rupa oleh pengelola. Pasir putih pantai yang alami dihiasi pondok – pondok ditutupi oleh kelambu yang berwarna warni di tambah dengan kursi – kursi yang juga diselimuti kain yang berwarna menambah kesan yang romantis.

Baca Juga:  Horoskop: Prediksi Astrologi untuk 23 Juli 2023, Simak Ramalan Astrologi Aries, Leo, Virgo, dan zodiak lainnya

 

Objek Wisata Pantai, Salah Satu Destinasi Wisata Andalan Di Kabupaten Sergai
Pantai Sialang Buah. (Foto : Media Center Sergai)

PANTAI MANGROVE

Objek wisata pantai selanjutnya adalah Pantai Mangrove. Pantai ini terletak di Desa Sei Naga Lawan, Kecamatan Perbaungan. Pantai ini juga salah satunya objek wisata yang cocok untuk keluarga menghadirkan pantai yang bersih, dengan pasir putih dan ditumbuhi banyak pohon – pohon magrove menambah kesan suasana sejuk dan nyaman saat bermain – main dengan anggota keluarga.

Anda bisa melihat dari kejauhan perahu perahu nelayan hilir mudik melaut mencari ikan. Untuk menuju ke objek wisata pantai ini tidaklah sulit, karena dengan jalannya yang bagus.

Di sekitar pantai juga berdiri pondok – pondok nyaman, restoran, toko, dan tempat meeting yang nyaman dengan angin sepoi dari laut cocok untuk melepas penat usai bermain – main di pinggiran pantai atau pun makan bersama keluarga.
Usah khawatir untuk biaya masuk, di pantai ini masih tergolong sangat murah ekonomis.

 

Objek Wisata Pantai, Salah Satu Destinasi Wisata Andalan Di Kabupaten Sergai
Pantai Sri Mersing. (Foto : Media Center Sergai).

Kadis Pariwisata Kabupaten Serdang Bedagai, Drs. H Akmal AP MSi melalui Kabid Pariwisata Anita Pratiwi, Minggu (6/8/2023), kepada wartawan mengatakan, objek wisata di Serdang Bedagai menjadi wisata andalan untuk dikunjungi karena dikemas dengan ciri khas yang tematik, seperti Bali Lestari dengan ornamen Bali, Theme Park dengan wisata water boom, Pantai Sri Mersing yang mengangkat ciri khas Melayu, Pantai Mangrove dengan ciri khas wisata edukasi dan penelitian pohon mangrove pesisir pantai, juga pantai romantis dan cemara kembar yang cocok untuk lokasi pra-wedding, sehingga memudahkan pengunjung untuk memilih objek wisata mana yang akan dikunjungi sesuai dengan kebutuhan. Selain menjual, panorama dan suasana yang menarik kabupaten Serdang Bedagai juga memiliki kuliner yang khas pesisir yang beraneka ragam. Kuliner tersebut memiliki cita rasa yang lezat dengan berbahan dasar hasil laut yang fresh.

Baca Juga:  Maya Zahir : Perlu Perhatian Lebih Untuk Peningkatan Kualitas Produksi Olahan Pangan

“Kunjungan wisata ke Serdang Bedagai mengalami peningkatan di setiap tahunnya, yang berdampak pada peningkatan PAD, dan mendorong peningkatan perekonomian pada masyarakat sekitar,” terang Kabid.

“Perhatian pemerintah juga sangat besar untuk memajukan pariwisata salah satunya adalah pembangunan jembatan dipantai sialang buah yang menjadi icon wisata di pantai tersebut, perbaikan jalan menuju lokasi objek wisata, mengadakan pelatihan – pelatihan bagi pelaku wisata diseluruh destinasi wisata di kabupaten Serdang bedagai, Memberikan bantuan alat- alat kebersihan di objek wisata serta melakukan promosi digital di media sosial,”paparnya

Selain itu kabupaten Serdang bedagai juga Mengikuti ajang ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) di kemenparekraf yang pada tahun 2022 dan salah satu desa wisata di sergai mendapatkan juara terfavorit dan juara 2 digitalisasi yaitu desa wisata buluh duri kecamatan Spispis yang mengangkat wisata arung jeram di Sei Bahbolon.
Mencoba traveling ke pantai dan objek wisata lainnya yang ada di kabupaten Serdang Bedagai merupakan keputusan tepat yang harus segera dieksekusi,”pungkasnya.

Writer: Herry Editor: Abdul Muis