Operasional Haji Selesai, Menag: 77 Jemaah Masih Dirawat di Saudi, 773 Meninggal Dunia

Operasional Haji Selesai, Menag: 77 Jemaah Masih Dirawat di Saudi, 773 Meninggal Dunia
Menag menyampaikan laporan pelaksanaan haji 2023. (Poto Dok Kemenag)

CENGKARENG | Bisanews.id |Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M berakhir hari ini. Namun demikian, hingga saat ini masih ada 77 jemaah haji sakit yang masih dirawat di RS Arab Saudi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan perawatan para jemaah ini terus dilakukan hingga mereka dinyatakan layak terbang.

Hal ini disampaikan Menag saat konferensi pers dalam rangka penutupan masa operasional haji di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

“Perawatan 77 jemaah sakit akan terus dilanjutkan di RS Arab Saudi sampai jemaah dinyatakan layak terbang untuk di antar pulang ke Tanah Air,” kata Menag, Sabtu (5/8/2023).

​​​Pemantauan jemaah sakit, kata Menag, akan dilanjutkan oleh Tim Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah. “Keluarga jemaah dapat mengupdate kondisi jemaah sakit secara berkala melalui Call Center Kementerian Agama di No 146,” paparnnya.

Turut hadir mendampingi Menag, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tb Ace Hasan Sadzily, Direktur Jenderal Penyelenggaran Haji dan Umrah Hilman Latief, serta para pejabat dan sekretaris unit eselon I lainnya.

“Bila nanti sudah sembuh, kami juga yang akan urus kepulangannya,” tegas Menag.

Berdasarkan data Siskohat, menurut Menag, hingga akhir masa operasional haji ada 773 jemaah wafat. “Ini terdiri dari 752 jemaah haji reguler, 18 jemaah haji Khusus, dan tiga jemaah haji furoda,” lanjutnya.

Dari 752 jemaah haji reguler yang wafat, sebanyak 562 orang di antaranya berusia 65 tahun ke atas. Sebanyak 81 orang berusia 60 – 64 tahun. Sedang 109 jemaah lainnya berusia di bawah 60 tahun. Jemaah wafat paling tua berusia 98 tahun (2 orang), sedang jemaah termuda yang wafat berusia 42 tahun (6 orang).

 

 

Baca Juga:  Bupati Batu Bara Terima Penghargaan Standar Pelayanan Publik 2021
Writer: AyEditor: Ayub