Penanganan Sampah Plastik Harus Komprehensif

Penanganan Sampah Plastik Harus Komprehensif
Wali Kota Medan, Bobby Nasution berpidato usai menonton film Memutar Limbah Peradaban, di Pos Bloc, Medan, Jumat (23/6/2023). (Foto : Pemko Medan/Ayub/Bisanews.id).

MEDAN | Bisanews.id | Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, penanganan sampah plastik harus dilakukan secara komprehensif dari hulu sampai hilir.

“Penanganan limbah plastik harus komprehensif, mulai dari hulu atau saat dianggap sampah, sampai dengan hilirnya atau dengan kata lain sampah plastik dapat digunakan kembali,” kata Bobby, usai menonton film Memutar Limbah Peradaban, di Pos Bloc, Medan, Jumat (23/6/2023).

Menurutnya, ada hal yang tidak kalah pentingnya dari penanganan sampah, yakni industrinya. Di mana, dari sampah plastik yang menjadi limbah kemudian diolah dan direuce atau digunakan kembali, tentunya ada beberapa proses yang juga memakan biaya.

Karena itu, dia mengajak semua pihak baik, seperti Pemko Medan, komunitas-komunitas dan pelaku usaha dapat ikut serta menghidupkan industri pengolahan sampah plastik.

Bobby berharap, ke depannya semua industri pengolahan limbah plastik dapat memanfaatkan kegiatan pelaku usaha lokal.

“Industri reuce yang ada di Kota Medan juga harus bisa sekalian menghidupkan kegiatan ekonomi lokal yang memproduksi mesin untuk menunjang industri tersebut,” jelas Bobby.

Menurut dia, film Memutar Limbah Peradaban dapat dimaknai untuk sama-sama menciptakan Kota Medan yang bersih dari sampah, khususnya sampah plastik.

“Mudahan-mudahan melalui film ini kita bisa benar-benar mengenal dan memahami, serta mencari solusi terhadap permasalahan persampahan di Kota Medan,” sebutnya.

Dikatakannya, dari 84 bank sampah yang ada di Kota Medan, per harinya dapat menghasilkan sampah plastik mencapai 15 ton.

“Sampah plastik yang dikumpulkan bank sampah ini tentunya bisa diambil oleh pelaku usaha. Untuk kriteria olahan atau cacahan seperti apa jika bank sampah tidak sanggup nantinya, Pemko Medan akan berperan sehingga tepat guna. Untuk bantuan bagi bank sampah yang diberikan juga kita pastikan akan tepat guna,” pungkasnya.

Baca Juga:  Wali Kota Medan Cek Lokasi Gudang di Kawasan Amplas
Writer: AyuEditor: Abdul Muis