Penerangan Jalan Di Kota Medan Baru 70 Persen

Penerangan Jalan Di Kota Medan Baru 70 Persen
Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyampaikan kata sambutan saat membuka Konsultasi Publik dan Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha APJ Beserta Smart Roadway Monitoring System Kota Medan, di Balai Kota Medan, Jumat (4/8/2023) petang. (Foto : Pemko Medan). 

MEDAN | Bisanews.id |Penerangan jalan umum menjadi fasilitas yang harus diberikan dan dihadirkan kepada masyarakat, serta bisa dirasakan secara luas. Oleh karenanya, di samping dilakukan secara internal, menghadirkan penerangan jalan guna mewujudkan Medan Terang juga dilakukan dengan membangun kolaborasi bersama stakeholder terkait lainnya melalui sistem Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, saat membuka Konsultasi Publik dan Market Sounding Proyek Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha Alat Penerangan Jalan (APJ) Beserta Smart Roadway Monitoring System Kota Medan, di Balai Kota Medan, Jumat (4/8/2023) petang.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan berita acara Konsultasi Publik dan Market Sounding yang dilakukan Bobby Nasution didampingi Kepala Bappeda Kota Medan sekaligus Ketua Tim KPBU APJ Kota Medan, Benny Iskandar, beserta unsur terkait di antaranya Kadin Kota Medan, Asosiasi Listrik dan Mekanikal Indonesia, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdako Medan, serta akademisi.

Bobby mengatakan, keterbatasan anggaran menjadi salah satu alasan, sehingga dirasa perlu untuk melakukan sejumlah hal dan kolaborasi dalam menghadirkan APJ, termasuk melalui sistem KPBU.

“KPBU ini menjadi yang pertama di Kota Medan. Kami tentu berharap semuanya dapat berjalan lancar dalam pelaksanaanya, dan bermanfaat bagi masyarakat. Adapun yang harus kita junjung dalam pelaksanaannya adalah transparansi dan niat percepatan di dalam kegiatannya,” kata Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo ini menuturkan, saat ini baru ada 90 ribuan penerangan jalan di Kota Medan.

Sementara, lanjutnya, dibutuhkan sekitar 124.000 penerangan jalan untuk menerangi seluruh wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

“Artinya, baru sekitar 70 persen jumlah penerangan jalan yang ada dari yang kita butuhkan. Termasuk, kita butuh kehadiran lebih lampu LED yang saat ini persentasenya masih berada di angka 15 persen,” ujarnya di hadapan sejumlah pimpinan perangkat daerah yang hadir.

Baca Juga:  Skenario Kualifikasi Babak 16 Besar: Bagaimana Belgia Bisa Maju Setelah Kalah

Dalam Konsultasi Publik dan Market Sounding yang juga diikuti perwakilan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen-PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI beserta Tim KPBU melalui sambungan zoom meeting tersebut, Bobby mengucapkan terima kasih atas atensi pemerintah pusat kepada Pemko Medan.

“Semoga KPBU ini tidak hanya berhenti di penerangan jalan saja. Tapi bisa juga merambah ke sektor kesehatan yang masuk dalam salah satu program prioritas Pemko Medan. Termasuk, mendukung upaya duckting di Kota Medan dan program-program lainnya, ” harapnya.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis