Presiden DMDI Resmikan Rumah Korban Gempa Cianjur

Presiden DMDI Resmikan Rumah Korban Gempa Cianjur
Presiden DMDI, Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam Yang di-Pertua Negeri Malaka Malaysia, saat meresmikan Rumah Korban Gempa Cianjur, Senin (24/7/2023), di Cianjur, Jawa Barat. (Foto : DMDI). 

CIANJUR | Bisanews.id |Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam Yang di-Pertua Negeri Malaka Malaysia meresmikan Rumah Korban Gempa Cianjur yang merupakan bantuan dari Jamiyah Singapore, DMDI dan ISFA (Persatuan Persahabatan Indonesia Singapura), Senin (24/7/2023), di Cianjur, Jawa Barat.

Bantuan untuk korban gempa Cianjur tersebut diserahkan Tun Seri Setia bersama Wakil Presiden Jamiyah Singapore, H M Jafar Mydin, dan Ketua Umum DMDI Indonesia, Datuk H Said Aldi Al Idrus.

Tun Mohd Ali menyambut gembira pemberian bantuan itu. Karena, menurutnya, para korban gempa sangat mengharapkan penyelesaian rumah mereka yang tahap pembangunannya terkendala karena ketiadaan biaya.

Menurut Tun, walaupun ada bantuan dari pemerintah, namun bantuan ini diharapkan dapat dibangun kembali hunian yang lebih layak untuk para korban gempa bersama istri dan anak-anak mereka.

“Jamiyah Singapore, DMDI, dan ISFA sangat membantu,” ungkap Tun Ali Rustam pada acara yang juga dihadiri DMDI Singapore, pengurus DMDI Indonesia, DMDI DKI Jakarta, dan perwakilan Mabes TNI Kolonel Irman Putra, Kapolres dan Dandim Cianjur, Ketua DPD BKPRMI Sukabumi, Komando Nasional Brigade BKPRMI, Camat, Kepala Desa Telaga, serta tokoh masyarakat.

Presiden Jamiyah Singapore, Datuk Prof Dr Hasbi Abubakar yang juga Presiden ISFA diwakili HM Jaffar Maydin menambahkan, Jamiyah Singapore, DMDI dan ISFA memiliki program kerja sama kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, dakwah, budaya, dan olahraga.

“Justru itu, pada kejadian gempa Cianjur beberapa waktu lalu, Jamiyah Singapore dan DMDI serta ISFA memberikan bantuan, mulai awal tanggap darurat dengan mengirimkan bantuan makanan dan alat masak serta tilam, juga uang tunai, untuk masyarakat korban gempa di Desa Telaga Cugenang, Cianjur, dan dilanjutkan memberikan bantuan rehab rumah dan alat-alat masak elektronik”, ungkap Jaffar.

Baca Juga:  KPU Batu Bara Siapkan Rancangan Alokasi Kursi DPRD

Sementara Ketua Umum DMDI Indonesia, H. Said Aldi Al Idrus menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada Presiden DMDI dan Presiden Jamiyah Singapore yang secara terus menerus mendukung penuh program DMDI Indonesia dan BKPRMI dalam memberikan bantuan kepada korban bencana di Cianjur, dan beberapa daerah lain yang terkena bencana di Indonesia.

Said Aldi juga menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada Presiden DMDI dan Presiden Jamiyah Singapore yang telah membantu dan membina kembali rumah para korban gempa Cianjur yang telah direkomendasikan, seperti imam masjid dan guru mengaji yang kurang berkemampuan membangun kembali tempat tinggalnya.

Said Aldi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Singapura yang telah memberikan donasinya melalui Jamiyah dan ISFA.

“Ini adalah bentuk kepedulian yang nyata kerja sama antara Indonesia dan Singapura bersama ISFA dalam memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dimana saja berada”, ungkap Said, didampingi pengurus ISFA H Abdul Malik Abubakar Mahmud bin Ahmad, dan Muhammad Khair.

Writer: HambaliEditor: Abdul Muis