Promosikan Indonesia di Australia Barat, KJRI Perth Selenggarakan Pameran Budaya di Museum Mandurah

Promosikan Indonesia di Australia Barat, KJRI Perth Selenggarakan Pameran Budaya di Museum Mandurah
Promosikan Indonesia di Australia Barat, KJRI Perth Selenggarakan Pameran Budaya di Museum Mandurah

AUSTRALIA | Bisanews.id | Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 sekaligus untuk mempromosikan ragam budaya Indonesia kepada publik di Australia Barat, KJRI Perth telah menyelenggarakan launching pameran “Across the Borders: from Indonesia to Mandurah” di Museum Mandurah (05/08).

Kegiatan launching dihadiri secara langsung oleh Menteri Seni dan Kebudayaan, Pendidikan Internasional serta Olahraga Australia Barat, Hon. David Templeman MLA dan Wakil Walikota Mandurah Councillor Caroline Knight.

Dalam sambutannya, Konjen RI menyampaikan pentingnya membangun pengertian melalui kegiatan-kegiatan yang dekat dengan publik. “Australia dan Indonesia adalah tetangga dekat dan sudah menjadi hal yang alami bahwa masyarakat kedua negara memiliki hubungan yang dekat.”

Kegiatan launching dimeriahkan dengan berbagai tarian dari Indonesia seperti Tari Emprak dari Jawa Timur, Tari Topeng Betawi dari Jakarta serta Tari Cendrawasih dan Selat Segara dari Bali. Para hadirin juga disuguhkan penampilan ensemble angklung oleh DWP KJRI Perth dan suara emas Ruth Dian Lestari yang menyanyikan Tatingal di Papua dan Tanah Air. Kegiatan launching juga diisi dengan workshop angklung dan seni tari bagi para pengunjung yang hadir.

Pameran akan berlangsung hingga 3 September 2023 dan bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan seni dan budaya Indonesia sekaligus mempromosikan hubungan antar masyarakat antara Indonesia dan Australia Barat, di Kota Mandurah.

Pameran menampilkan pakaian Indonesia yang indah, berbagai kain batik indah dari Tuban serta ragam pakaian tradisional dari Nusantara. Pameran juga menampilkan batik “Potehan Kambarang” yang sangat istimewa yang lahir dari kolaborasi artistik antara seniman Aborigin Australia Barat Cassandra Cartledge dan perancang busana Indonesia Embran Nawawi.

 

Baca Juga:  Polrestabes Medan Salurkan Bantuan Nasi Bungkus ke Panti Asuhan
Writer: AyEditor: Ayub