Pulau Ilik Dan Desa Batumundom Butuh Perhatian Pemerintah

Pulau Ilik Dan Desa Batumundom Butuh Perhatian Pemerintah
Destinasi wisata pantai di Desa Batumundom, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, tak jauh dari Pulau Ilik. (Foto : Dok. SMSI Sumut). 

MADINA | Bisanews.id |Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang mempunyai luas wilayah 6.621 km persegi dengan garis pantai sepanjang 170 mil ternyata menyimpan banyak destinasi wisata yang dapat menunjang pembangunan, khususnya meningkatkan perekonomian masyarakat.

Namun, wacana untuk meningkatkan pembangunan serta perekonomian masyarakat ini hanya menjadi isapan jempol belaka, apabila tidak adanya perhatian atau polesan dari pemerintah untuk memanfaatkan destinasi wisata yang ada di kabupaten serambi mekkahnya Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu.

Salah satu contohnya adalah Desa Batumundom, Kecamatan Muara Batang Gadis, yang memiliki jumlah penduduk 350 Kepala Keluarga (KK), dengan mata pencaharian warganya sebagai nelayan.

Pulau Ilik yang jarak tempuhnya 15 menit dari Desa Batumundom, dan 5 jam dari Kota Sibolga, memiliki luas 103 ha, dengan luas keliling 3, 87 km ini, keindahan garis pantai dengan pasir putih dan laut yang bersih merupakan asset Pemkab Madina yang seharusnya mendapat perhatian khusus. Jika Pulau Ilik ini dikelola dengan baik, maka dapat dipastikan nantinya akan menjadi salah satu obyek wisata alam yang akan ramai dikunjungi pengunjung domestik atau mancanegara.

“Selaku masyarakat di Desa Batumundom ini, kita sangat mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah untuk mengucurkan pembangunan dan lain sebagainya dalam menunjang peningkatan perekonomian masyarakat,” ucap Kaur Pemerintahan Desa Batumundom, Sukman Sahri, dalam siaran persnya yang diterima SMSI Sumut, Minggu (30/7/2023).

Sukma berharap, apabila Desa Batumundom mendapat perhatian dari pemerintah dengan melakukan pembangunan, baik itu di bidang insfraktur jalan dan jembatan, dermaga, serta adanya perhotelan, maka wisata alam dengan panorama laut dan pantai yang indah akan mengundang wisatawan.

“Kita sebagai warga Desa Batumundom siap bekerja sama dengan pemerintah dalam mewujudkan destinasi wisata alam ini. Apalagi, menurut hemat kami, Pulau Ilik sangat menjanjikan akan mengundang wisatawan apabila mendapat perhatian khusus dari pemerintah”, ujarnya.

Baca Juga:  Sayembara PON 2024 Dibuka, Total Hadiah Rp 120 Juta

Hal senada juga dikatakan Mhd Zaim, Tokoh Pemuda Desa Batumundom, yang menuturkan bahwa perhatian dari pemerintah dalam hal pembangunan ini sangat diimpikan masyarakat sejak lama.

“Sebenarnya banyak destinasi wisata alam di Kecamatan MBG yang bisa dijadikan obyek wisata, khususnya Desa Batumundom. Selain wisata pulau Ilik, nantinya dengan peraian laut yang bersih dengan pasir pantai yang putih dengan pohon kelapa (nyiur) yang tumbuh rapi menambah keindahan pantai. Wisata air laut dengan banana boat, sky air dan jenis permainan air lainnya bisa dibuat di wilayah perairan laut Desa Batumundom ini,” terangnya

Zaim yang merupakan sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) Batumundom, mengharapkan dukungan dari pemerintah untuk melakukan pembangunan di Desa Batumundom dalam hal menunjung terciptanya pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Writer: HambaliEditor: Abdul Muis