Pusat Daur Ulang Sampah Plastik Sudah Memproduksi Tiang Lampu Taman

Pusat Daur Ulang Sampah Plastik Sudah Memproduksi Tiang Lampu Taman
Camat Medan Belawan, Subhan Fajri Harahap, bersama Penggagas Pusat Daur Ulang Sampah Plastik, Tom Nauli Sinaga, memperlihatkan produksi tiang lampu taman berbahan dasar plastik, Kamis (20/7/2023), di Medan. (Foto : Pemko Medan).

MEDAN | Bisanews.id |Setelah ditinjau Wali Kota Medan, Bobby Nasution, beberapa waktu lalu, Pusat Daur Ulang Sampah Plastik di Kecamatan Medan Belawan kini sudah memproduksi tiang lampu taman berbahan dasar plastik.

Camat Medan Belawan, Subhan Fajri Harahap bersama pengusaha yang menggagas Pusat Daur Ulang Sampah Plastik, Tom Nauli Sinaga, Kamis (20/7/2023), di Pusat Daur Ulang Sampah Plastik, memperlihatkan hasil produksi tiang lampu taman tersebut.

Kata Subhan, produksi itu merupakan inovasi yang dilakukan pengusaha pusat daur ulang berkolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan Medan Belawan, sebagai upaya mengurangi sampah plastik.

“Sebelum diproduksi lebih banyak, tiang lampu taman berukuran 3 meter yang sudah jadi ini, nantinya terlebih dahulu akan dipasang di Kantor Camat Medan Belawan dan pedestarian di kawasan tersebut sebagai contoh bahwasanya tiang lampu taman dari plastik ini tidak kalah kuatnya dengan lampu taman pada umumnya”, kata Subhan.

Dia mengungkapkan, pihaknya terus memberikan pendampingan kepada pengusaha pusat daur ulang plastik, seperti membantu hal-hal yang berkaitan dengan perizinan.

“Adanya tiang lampu taman ini diharapkan masyarakat akan semakin mengetahui bahwasanya sampah plastik dapat bernilai ekonomis dan menjadi produk yang bermanfaat. Kita berharap, adanya produksi tiang lampu taman dari plastik ini dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik, dan semakin mewujudkan program prioritas Bapak Wali Kota Medan, Bobby Nasution, khususnya di bidang kebersihan,” jelasnya.

Sementara itu, Tom Nauli Sinaga mengaku diperlukan 25 kg sampah plastik untuk membuat satu unit tiang lampu taman.

Dijelaskannya, selain kolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan Medan Belawan, produksi tiang lampu taman juga dapat terwujud karena usaha dan eksperimen yang terus dilakukan.

“Kita terus melakukan eksperimen dan mengolah sampah plastik ini menjadi suatu produk yang bermanfaat, seperti tiang lampu taman yang sudah jadi ini,” kata Tom.

Baca Juga:  Pemprovsu Lepas 2 Capaskibraka Pusat Perwakilan Sumut Ikuti Diklat Ke Jabar

Tom menjelaskan, tiang lampu taman setinggi 3 meter itu seluruh materialnya dari sampah plastik, hanya dudukan bawahnya yang menggunakan besi.

Sedangkan untuk lampunya, papar Tom, selain dari listrik juga akan menggunakan tenaga surya, sehingga benar-benar ramah lingkungan.

“Tidak hanya tiang lampu taman, ke depannya kami akan membuat produk lainnya dengan bahan sampah plastik. Kami sangat bersemangat, apalagi Pak Wali Kota Medan, Bobby Nasution, sudah datang ke sini dan memberikan dukungan. Pasti, kehadiran Pak Wali menjadi kebanggaan dan motivasi bagi kami untuk dapat berkarya lebih baik,” ucapnya.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis