Puskesmas Helvetia Jalin Kerja Sama Dengan Rutan Kelas I Medan

Puskesmas Helvetia Jalin Kerja Sama Dengan Rutan Kelas I Medan
Kepala Puskesmas Helvetia, drHeva Julietta Sinaga, foto bersama petugas dan Kepala Rutan Kelas I Medan, baru-baru ini, di Rutan Kelas I Medan. (Foto : Pemko Medan/Ayub/Bisanews.id).

MEDAN | Bisanews.id | Puskesmas Helvetia, Medan, menjalin kerja sama bidang pelayanan kesehatan dengan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Medan.

Kepala Puskesmas Helvetia, dr Heva Julietta Sinaga, yang dihubungi Minggu (18/6/2023), mengatakan kerja sama tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan pemasyarakatan yang ada di Rutan Kelas I Medan, sehingga dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian di wilayah kerja Puskesmas Helvetia.

Selain itu, lanjutnya, warga binaan tersebut termasuk masyarakat Kota Medan yang memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Dengan adanya kerja sama ini, nantinya Puskesmas Helvetia dapat memberikan pelayanan kesehatan di Rutan Kelas I Medan terhadap warga binaan yang memiliki KTP, dengan syarat adanya permohonan dari pihak Rutan Kelas I Medan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaannya,” kata Heva.

Dia menambahkan, pelayanan kesehatan yang diberikan mencakup penyakit menular, penyakit tidak menular, posyandu lansia, dan kesehatan jiwa.

“Jadi, apabila pihak Rutan melihat ada warga binaanya yang mengalami penyakit, seperti TBC, HIV, atau penyakit menular lainnya, dapat langsung menyurati kepada kita untuk dilakukan pengobatan. Selain itu, mereka juga meminta adanya posyandu lansia, dan pemeriksaan kesehatan jiwa,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kadin Pastikan Fakir Miskin di Batubara Terima Bantuan
Writer: AyuEditor: Abdul Muis