Raker Komwil I Apeksi 2023 Diharapkan Akan Melahirkan Kebijakan Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Raker Komwil I Apeksi 2023 Diharapkan Akan Melahirkan Kebijakan Sesuai Kebutuhan Masyarakat
Ketua Komwil I Apeksi, Bobby Nasution (Wali Kota Medan), duduk semeja dengan Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya (Wali Kota Bogor), saat mengikuti Raker Komwil I Apeksi 2023, di Ballroom Hotel Marriott Harbour, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (14/6/2023). (Foto : Pemko Medan/Ayub/Bisanews.id).

BATAM | Bisanews.id | Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Tahun 2023 di Ballroom Hotel Marriott Harbour Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (14/6/2023).

“Rapat Kerja ini diharapkan dapat melahirkan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan bertujuan untuk meningkatkan potensi terbaik berdasarkan karakteristik dan kearifan lokal di daerah kita masing-masing,” kata Ketua Komwil I Apeksi, Bobby Nasution, dalam sambutannya.

Bobby yang juga Wali Kota Medan tersebut mengajak 23 Wali Kota dari 5 provinsi yang tergabung dalam Komwil I Apeksi agar memperjuangkan kebijakan dan anggaran untuk mendukung peningkatan pembangunan dan pelayanan publik di wilayahnya.

“Kita harus mampu mengambil peran besar pasca krisis yang belakangan ini terjadi untuk kembali menstabilkan perekonomian kita. Salah satunya dengan meningkatkan peluang bisnis melalui keberadaan UMKM,” ujar Bobby pada pertemuan yang bertema ‘Bersinergi untuk Peningkatan Investasi dan Pengendalian Inflasi’ itu.

Dia menambahkan, seluruh Pemko Komwil I Apeksi dapat memanfaatkan momentum raker untuk menyampaikan keunggulan serta potensi daerah masing-masing. Hal ini sebagai upaya untuk saling membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama terhadap pasokan pangan.

“Raker Komwil ini adalah peluang yang sudah ditandatangani, dan kita lihat daerah mana saja yang komoditi-komoditi contohnya atau produknya yang kita butuhkan di daerah kita, dan ada di daerah anggota Komwil I yang bisa kita kerja sama,” tuturnya.

Menurut Bobby, Apeksi dituntut untuk terus berupaya menjadi organisasi yang terpercaya dan profesional di bidang pemerintahan perkotaan melalui pembangunan yang demokratis, transparan, otonomi yang bertanggung jawab sesuai struktur pemerintahan kota yang berlaku di seluruh NKRI.

“Dengan terbentuknya pembangunan yang demokratis, transparan dan bertanggung jawab ini, kita mampu mendukung terciptanya kehidupan masyarakat yang aman dan nyaman. Jangan sampai kita melupakan bahwa masyarakat adalah bagian terpenting dalam keberlangsungan sistem pemerintahan yang kita pimpin,” ucapnya.

Baca Juga:  Tim Merdang Merdem Gotong Royong Di Bantaran Sungai Babura

Dia juga berharap pertemuan itu mampu membentuk dan merumuskan rekomendasi, kebijakan, serta program kerja ke depannya guna merealisasikan pelaksanaan otonomi luas, nyata dan bertanggung jawab, demi memperjuangkan kehidupan pemerintahan di wilayah kerja masing-masing.

Pada raker yang berlangsung 13-15 Juni 2023 itu, Bobby bersama 23 Wali Kota lain yang tergabung dalam Komwil I Apeksi melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama, disaksikan Ketua Dewan Pengurus Apeksi.

Sementara Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya Sugiarto, yang membuka kegiatan itu mengungkapkan, Raker Komwil I Apeksi yang melibatkan 24 pemerintah kota di Komwil I dapat saling bertukar informasi terkait potensi yang dimiliki daerah masing-masing.

“Dalam raker ini 24 kota yang tergabung dalam Komwil I Apeksi dapat bekerja sama dan saling bertukar potensi. Apalagi, dalam pertemuan ini juga telah ditandatangani kesepakatan bersama,” jelas Bima.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis