Revitalisasi Stadion Kebun Bunga Ditargetkan Selesai Pada HUT Kota Medan 2024

Revitalisasi Stadion Kebun Bunga Ditargetkan Selesai Pada HUT Kota Medan 2024
Wali Kota Medan, Bobby Nasution meletakkan batu pertama revitalisasi Stadion Kebun Bunga, beberapa waktu lalu. (Foto : Pemko Medan/Ayub/Bisanews.id). 

MEDAN | Bisanews.id |Revitalisasi Stadion Kebun Bunga, Medan, seluas sekitar dua hektar dan dilakukan secara multiyears dengan menggunakan APBD Kota Medan 2023 dan 2024 senilai Rp191.665.325.000, ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

“Insyaallah, revitalisasi Stadion Kebun Bunga akan selesai tahun 2024, tepatnya di Hari Jadi Kota Medan,” Kata Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis dalam podcast bertajuk BK Medan yang digelar Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kota Medan di Stadion Teladan, Medan, Senin (17/7/2023).

Dikatakannya, revitalisasi stadion yang selama ini digunakan sebagai markas PSMS Medan itu merupakan upaya Wali Kota Medan, Bobby Nasution, untuk memenuhi sarana dan prasarana latihan bagi para atlet guna mewujudkan Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara itu sebagai kota atlet. Selain Stadion Kebun Bunga, ungkapnya, Stadion Teladan juga akan direvitalisasi.

Selain itu, papar Endar, orang nomor satu di Pemko Medan itu mengamanatkan, jika di kecamatan tidak ada lapangan sepak bola atau lapangan olahraga, maka didorong untuk mencari lahan supaya diadakan lapangan.

“Pak Wali berharap setiap kecamatan memiliki lapangan olahraga,” ujarnya.

Selain mendukung Medan sebagai kota atlet, kata Endar, menantu Presiden Joko Widodo itu menilai, lapangan olahraga sangat dibutuhkan.

Sebab, lanjutnya, lapangan merupakan tempat untuk anak-anak muda berkumpul melakukan kegiatan positif, sehingga mereka tidak terjerumus melakukan tindakan negatif, seperti begal.

“Kemungkin salah satu penyebab terjadinya tindakan negatif, seperti begal, tawuran, dan geng motor, akibat kurangnya sarana dan prasarana bagi anak muda untuk berkreativitas, salah satunya lapangan olahraga,” ucapnya dalam podcast yang turut menghadirkan Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Pulungan Harahap, dan pengamat sepakbola sekaligus mantan punggawa PSMS Medan, Rifki.

Baca Juga:  Normalisasi Sungai Deli Segera Dilaksanakan, Tidak Ada Penggusuran

Seperti diketahui, revitalisasi Stadion Kebun Bunga yang dilakukan akan menghadirkan sejumlah fasilitas-fasilitas.

Tidak hanya lapangan sepak bola berstandar internasional, stadion yang dibangun mulai 31 Agustus 1973 dan dioperasikan pada 28 Februari 1974 itu juga akan dilengkapi lapangan voli, panjat tebing, skateboard dan sepeda BMX, gym, wall of sport fames, serta taman.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis