Samosir Adakan Pesta Syukuran Parna Indonesia, Ini Tujuannya

Samosir Adakan Pesta Syukuran Parna Indonesia, Ini Tujuannya
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri Pesta Syukuran Pomparanni Raja Nai Ambaton (Parna) Indonesia, di Pantai Tandarabun, Desa Dosroha, Simanindo, Samosir, Sabtu (8/7/2023). (Foto Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut : Veri Ardian).

DAMOSIR | Bisanews.id |Pesta Syukuran Pomparanni Raja Nai Ambaton (Parna) Indonesia dilakujan Kab. Samosir.

Acara ini dimaksudkan untuk menjaga alam termasuk Danau Toba agar tidak rusak, sebab bukan tidak mungkin, bencana besar seperti banjir bah di masa Nabi Nuh dan meletusnya Gunung Toba akan terulang kembali.

Diketahui, Pesta Syukuran Parna telah dilaksanakan sejak 6 Juli dan selesai 8 Juli 2023. Pesta tersebut dihadiri ribuan orang yang berasal dari luar Samosir. Banyak kegiatan yang telah dilakukan mulai dari jalan santai, penanaman pohon, penyebaran bibit ikan di Danau Toba, hingga acara puncak.

Ketua Umum Parna Indonesia Cornel Simbolon mengapresiasi kehadiran Gubernur Edy Ramayadi, pada pesta syukuran tersebut. Ia pun memakaikan Ulos Holong pada Edy Rahmayadi, sebagai tanda cinta dan kasih.

“Saya mewakili ratusan ribu warga Parna Indonesia mengucapkan selamat datang pada Bapak Gubernur, kami bangga dan terhormat kehadiran atas Gubernur, kami di sini melaksanakan acara adat yang telah dilaksanakan nenek moyang kami sejak masa lalu,” ungkap Cornel.

Masih mengenakan ulosnya, Edy pun mengajak seluruh hadirin menyanyikan lagu ‘O Tano Batak’. Di pimpin Edy, seluruh yang hadir pun ikut bersama-sama menyanyikan lagu tersebut.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom, Kapolda sumut, Panca Putra Simanjuntak, Inspektur Provinsi Sumut Lasro Marbun, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut Naslindo Sirait, Dirut Bank Sumut Babay Parid Wazdi.

 

 

 

Baca Juga:  Pemko Medan Dan USAID Gelar Pelatihan Penerapan Pengaduan Sektor Air Minum & Sanitasi
Writer: AyEditor: Ayub