Wabup Sergai Ajak Masyarakat Lestarikan Dan Kembangkan Budaya Lokal

Wabup Sergai Ajak Masyarakat Lestarikan Dan Kembangkan Budaya Lokal
Wabup Sergai Ajak Masyarakat Lestarikan Dan Kembangkan Budaya Lokal Teks Foto: Wabup Sergai, H. Adlin Tambunan menyampaikan kata sambutan pada Peringatan 10 Muharram, di Dusun II, Desa Karang Anyar, Kecamatan Pegajahan, Kamis (27/7/2023). (Foto : Media Center Sergai/Bisanews.id).

SERGAI | Bisanews.id |Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai), H. Adlin Tambunan menghadiri Peringatan 10 Muharram (Hari Asyura), di Dusun II, Desa Karang Anyar, Kecamatan Pegajahan, Kamis (27/7/2023). Kegiatan dirangkai dengan syukuran atas dilantiknya Pembina Perkumpulan Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Kabupaten Sergai.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan, dia beserta jajaran Pemkab Sergai mengucapkan selamat atas pelantikan Pembina PKB Pujakesuma, dan mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ia menyebut, Sergai memiliki kebudayaan yang sangat beragam, dan merupakan kabupaten yang multi etnis serta multikultural. Kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di tengah warga, menurutnya, merupakan aset yang merperkaya khazanah kebudayaan di dalam kehidupan masyarakat Sergai.

Menurut dia, memasuki era milenial dengan tatanan nilai yang rasional dan logis, keyakinan komunitas Jawa terhadap mitos yang diaktualisasikan dalam berbagai upacara adat, tidak dapat dipisahkan dari ekspresi seni, di antaranya dalam tradisi Asyura.

“Dalam pergantian Tahun Baru Jawa ini, DPD Paguyuban Pujakesuma menggelar pertunjukan wayang kulit yang memiliki makna lebih dari sekedar seni. Namun, di dalamnya juga mengandung makna spiritual yang mendalam, dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dapat mendukung visi Kabupaten Sergai Maju Terus (Mandiri, Sejahtera, dan Religius),” ucap Adlin.

Dikatakannya, kearifan budaya lokal dan adat istiadat hendaknya terus dikembangkan serta dilestarikan untuk membina mental masyarakat, terutama generasi muda, agar tidak terpengaruh budaya luar yang bertentangan dengan kebudayaan, adat istiadat, dan kerukunan hidup masyarakat.

“Marilah kita tingkatkan dan lestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Sergai ini, dan tentunya kita semua dapat mengikuti rangkaian kegiatan acara pada hari ini dengan penuh hikmah dan seksama,” tandasnya.

Sementara itu, Heri Sukandar, Ketua DPD Pujakesuma Sergai, berharap agar setiap desa di Sergai dapat dengan khidmat melaksanakan adat dan budaya dalam segala acara ‘suroan’, baik yang bersifat budaya maupun keagamaan.

Baca Juga:  Bupati Batu Bara Safari Ramadan Di Masjid Nurul Huda

“Tak lupa, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus atas dukungan dan kerja sama yang telah diberikan oleh Pemkab Sergai. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat adalah fondasi yang kuat dalam membangun kesejahteraan dan harmoni bagi seluruh warga,” ungkap Heri yang juga Kepala Desa Karang Anyar tersebut.

Dia juga mengucapkan apresiasi atas pembangunan jalan di desanya. Realisasi pembangunan jalan merupakan perhatian dan komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kegiatan dihadiri, antara lain Camat Pegajahan Muhammad Alhuda, S.STP, Tokoh Budaya dan Tokoh Masyarakat Sergai H. Soekirman, dan Anggota DPRD Sumut Dimas Triadji.

Writer: Herry Editor: Abdul Muis