Wabup Sergai Ungkap Sejarah Berdirinya PKK

Wabup Sergai Ungkap Sejarah Berdirinya PKK
Wakil Bupati Sergai, H Adlin Tambunan, foto bersama kader PKK Sergai, pada Peringatan HKG PKK Ke-51 Tahun 2023, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Selasa (13/6/2023). (Foto : Media Center Sergai/Herry/Bisanews.id).

SERGAI | Bisanews.id |Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai), H Adlin Tambunan, dalam sambutannya pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-51 Tahun 2023, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Selasa (13/6/2023), mengungkapkan sejarah berdirinya PKK.

Menurut dia, PKK yang terinspirasi dari kepedulian kaum ibu di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, bermula dari Seminar Home Economic di Bogor pada 1957 silam. Seminar tersebut menghasilkan rumusan 10 Segi Kehidupan Keluarga.

Kemudian, lanjutnya, Mei 1962, di Desa Salaman, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, didirikan Pusat Latihan Pendidikan Masyarakat (PLPM) untuk menyebarluaskan 10 Segi Kehidupan Keluarga tersebut.

Adlin menceritakan, sekitar tahun 1967 kehidupan sebagian masyarakat Jawa Tengah sangat menyedihkan, khususnya di daerah Dieng, Kabupaten Wonosobo.

Kondisi tersebut, ujarnya, membuat hati isteri Gubernur Jawa Tengah, Isriati Moenadi, tersentuh. Karena merasa bertanggung jawab terhadap kesejahteraan warganya, lalu dia berinisiatif membentuk PKK di daerahnya, dari tingkat provinsi sampai ke kelurahan dan desa.

APRESIASI

Pada kesempatan tersebut Adlin juga mengapresiasi seluruh kader PKK di Sergai, mulai tingkat kabupaten sampai ke desa, yang dinilainya telah bekerja secara ikhlas.

Menurutnya, kader PKK di Sergai merupakan sosok yang andal, ikhlas, dan inspiratif. Sebab, PKK mendukung penuh program pembangunan untuk menjadikan Sergai Maju Terus (Mandiri, Sejahtera, dan Religius).

“Ibarat rumah tangga, PKK adalah ibu dalam rumah tangga. Tidak ada laki-laki hebat tanpa ada perempuan hebat di sampingnya, begitu juga dengan PKK,” cetus Adlin.

Sementara Ketua TP PKK Sergai, Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, juga memberikan apresiasi kepada kadernya terkait pelaksanaan 10 Program Kerja PKK di tingkat kelurahan dan desa.

Apresiasi diberikan kepada 16 kader PKK inspiratif tingkat kecamatan, yaitu Murniani P (Kecamatan Tebing Tinggi) Mukti Ali Nasution (Serbajadi), Eli Sofia (Pantai Cermin), Suci Ramadani (Sei Bamban), Yuni Triani (Sipispis), Hj Ernawati (Bintang Bayu).

Baca Juga:  Taksinya Dicuri, Supirnya Digantung Terbalik di Pohon

Kemudian, Purnama Sari (Bandar Kalifah), Ponijah (Pegajahan), Windayani (Dolok Masihol), Tetty br Sinaga (Silinda), Nurkhamsani (Perbaungan), Santi Aulis Pohan (Dolok Merawan), Jamilah Marpaung (Tebing Syahbandar), Riahna br Sipayung (Kotarih), Yusnilawati (Sei Rampah), dan Riri Kesumawati (Teluk Mengkudu).

Selain itu, diberikan juga penghargaan kepada desa terbaik dalam 6 kategori, yaitu Tertib Administrasi PKK (Desa Deli Muda Hulu), Pola Asuh Anak dan Remaja (Paya Pinang), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (Bandar Pinang), Hatinya PKK (Pematang Setrak), IVA Test (Sei Rampah), dan Monitoring Pembangunan Keluarga (Tapak Meriah).

Kegiatan yang diwarnai pemotongan tumpeng tersebut dihadiri Ketua Bhayangkari Sergai, Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Adhiyaksa Dharma Karini Sergai, para Asisten, Kepala OPD, dan camat.

Writer: HerryEditor: Abdul Muis