YKI Batu Bara Terbaik Se-Sumut

YKI Batu Bara Terbaik Se-Sumut
Ketua YKI Sumut, Nawal Lubis menyerahkan penghargaan YKI Terbaik I se-Sumut kepada Ketua YKI Kabupaten Baru Bara, Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman No. 41, Medan, Jumat (21/7/2023).(Foto : Diskominfo Batu Bara)

MEDAN | Bisanews.id | Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Nawal Lubis menyerahkan penghargaan YKI Terbaik I se-Sumut kepada Ketua YKI Kabupaten Baru Bara, Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir.

Penyerahan penghargaan dilakukan pada Rapat Koordinasi (Rakor) YKI se-Sumut, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman No. 41, Medan, Jumat (21/7/2023).

Ketua YKI Sumut, Nawal Lubis, dalam sambutannya mengatakan, Rakor YKI se-Sumut dilaksanakan untuk menyelaraskan program penanggulangan kanker di Sumut. Juga merupakan upaya meningkatkan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan kanker melalui penyedian layanan promotif, preventif, dan supportif.

Dia menjelaskan, guna meningkatkan kesadaran masyarakat agar hidup sehat dan terbebas dari kanker, pihaknya telah menyiapkan contact center melalui nomor telepon 0821 6191 1872 untuk mereka yang ingin mendapatkan informasi seputar kanker.

Selain itu, lanjut Nawal, juga tersedia ambulans penyuluhan kanker keliling, dan rumah singgah bagi pasien kanker dari kabupaten/kota se-Sumut yang sedang menjalani pengobatan.

“Kita selaraskan program kita, bagaimana memberikan advokasi, informasi dan edukasi, pelayanan, serta meningkatkan kualitas hidup penderita kanker,” ujar Nawal.

“Jadi, pada rakor ini kita ingin keseragaman, apa yang ada di YKI Sumut bisa diteruskan YKI kabupaten/kota. Kita kan tahu bersama jarak antara kabupaten/kota di Sumut cukup jauh. Jadi, kami harap koordinasi antar-YKI bisa berjalan, sehingga kita tahu berapa jumlah kasus kanker, dan bagaimana penanganan di daerah masing-masing,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, pihaknya mendukung program penanggulangan kanker melalui penyedian layanan promotif, preventif, dan supportif.

“Jika sudah ada promosi, diharapkan kasus kanker akan berkurang di Sumut,” kata Alwi.

Selain YKI Batu Bara, Kota Gunung Sitoli juga mendapat penghargaan sebagai Terbaik II, dan Terbaik III adalah Kota Pematang Siantar. Sementara Kabupaten Mandailing Natal meraih posisi Terbaik Harapan I. Kabupaten Toba Terbaik Harapan II, dan Terbaik Harapan III diraih YKI Kabupaten Deli Serdang.

Baca Juga:  KPK Boyong Bupati Langkat ke Mapolres Binjai
Writer: IsoEditor: Abdul Muis