5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan, Cegah Sembelit Hingga Kolesterol

5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan, Cegah Sembelit Hingga Kolesterol
Manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh. (Pixabay/PDPics) .

Bisanews.id Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak vitamin dan mineral. Karenanya, kacang hijau memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kacang hijau tinggi akan protein serta rendah lemak jenuh, rendah sodium, dan mengandung antioksidan. Menurut Mustakim (2014), lebih dari 65 persen kebutuhan protein dan 80 persen kebutuhan energi.

Seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes, Selasa (26/9/2023), kacang hijau memiliki sejumlah khasiat untuk pengobatan dan kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mencegah Sembelit

Sembelit termasuk salah satu masalah pencernaan yang umum dialami oleh individu. Untuk mengatasi sekaligus mencegah sembelit, perlu memberikan asupan serat yang cukup.

Serat dapat melancarkan proses pencernaan dengan membantu meningkatkan jumlah air di usus. Dengan begitu, tinja yang dibentuk dalam usus akan bertekstur lebih lunak, sehingga buang air besar akan lancar.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Asupan serat yang cukup untuk dapat mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan, termasuk diabetes. Tubuh tidak bisa menyerap serat sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah setelah konsumsi makanan yang kaya serat.

3. Memiliki Antioksidan yang Tinggi

Mengonsumsi puding kacang hijau yang banyak mengandung antioksidan termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan kandungan lain untuk membantu melindungi tubuh kami dari radikal bebas yang berpotensi menimbulkan penyakit kronis.

4. Menurunkan Kolesterol dan Hipertensi

Kacang hijau dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kacang ini mengandung potasium, magnesium, dan serat yang baik. Penelitian telah mengaitkan tiap-tiap nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah.

Sebanyak 26 penelitian menemukan bahwa makan satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang-kacangan, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

Baca Juga:  Jalan Macet, Polisi Ingatkan Pengguna Jalan Urungkan Niat ke Tanah Karo

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Karena kandungan serat dan folat dalam kacang-kacangan, mengonsumsinya secara rutin telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Magnesium dalam kacang hijau mungkin juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Serat dalam kacang hijau juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, bahkan meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

 

Writer: AyEditor: Ayub