AS Desak Korea Utara Berhenti Memprovokasi dan Terima Tawaran Dialog

Utusan Amerika Serikat (AS) meminta Korea Utara mengurangi ketegangan dan terlibat dalam pembicaraan, alih-alih melakukan uji coba rudal balistik yang “mengkhawatirkan dan kontraproduktif” seperti yang dilakukan baru-baru ini.

Berbicara kepada wartawan setelah bertemu dengan mitranya dari Korea Selatan di Seoul, Perwakilan Khusus Sung Kim mengatakan AS berkomitmen untuk mengeksplorasi “diplomasi yang berkelanjutan dan substantif” dengan Korea Utara.

“Tujuan kami tetap denuklirisasi lengkap di semenanjung Korea,” kata Sung Kim pada Minggu (24/10/2021) melansir Reuters.

“Itulah mengapa uji coba rudal balistik Pyongyang baru-baru ini, salah satu dari beberapa uji coba dalam enam minggu terakhir, mengkhawatirkan dan kontraproduktif untuk membuat kemajuan menuju perdamaian abadi di semenanjung Korea.

” Pyongyang yang sejauh ini menolak tawaran AS, menuduh Washington dan Seoul membicarakan diplomasi sambil meningkatkan ketegangan dengan kegiatan militer mereka sendiri.

Pada Kamis (21/10/2021), Korea Utara mengatakan AS bereaksi berlebihan dengan uji coba rudal balistik yang diluncurkan kapal selam yang disebutnya pertahanan diri, dan mempertanyakan ketulusan tawaran pembicaraan Washington seta memperingatkan konsekuensi.

Sumber : Kompas.com

 

Baca Juga:  Disperindag Medan Operasi Pasar Murah Migor

Related posts