Atlet Peparnas Sumut Raih Emas, Dapat Bonus Rp 100 Juta 

Atlet Peparnas Sumut Raih Emas, Dapat Bonus Rp 100 Juta
Gubsu Eddy Rahmayadi memberikan plakat bonus 100 juta secara simbolis kepada atlet perai emas yang berhasil meraih ajang Peparnas Pupua di Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Senin (13/12/2021) . (poto : ayu/Bisanews.id)

MEDAN I Bisanews.id I Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara simbolis menyerahkan bonus bagi atlet disabilitas, yang tampil di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 Papua.

Penyerahan bonus itu dilaksanakan, Senin (13/12/21) di acara peringatan Hari Disabilitas Internasional, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur di Medan.

“Saya apresiasi kepada para atlet NPC. Anda dengan kondisi terbatas, masih bisa membesarkan diri Sumut ini. Dari 34 provinsi, anda masuk 5 besar di Peparnas Papua. Saya bangga dengan kalian,”ujar Edy.

Menurutnya, prestasi atlet disabilitas dinilai fantastis. Meski di tengah keterbatasan,namun sukses menjaga martabat Sumut di kancah nasional.

“Dengan serba kekurangan, tapi anda masih bisa memberikan Sumut bisa. Anda membuktikan itu. Sementara yang sempurna saja belum buat yang maksimal bagi Sumut,”ungkap Gubsu.

Pada peringatan hari disabilitas internasional,ia mengajak seluruh kaum difabel untuk tidak menyerah dan mandiri dengan memanfaatkan skill. Selain menjadi atlet berprestasi, bisa diisi dengan pengembangan usaha, seperti menjadi pelaku UMKM.

“Para disabilitas, bukan hanya olahraga yang bisa kalian tempuh. Tapi melalui kopi dan usaha lainnya. Banyak orang kita yang sempurna, malah banyak di pinggir jalan meminta,”tukasnya.

Atlet balap kursi roda Sumut, Evi Yunita Pohan mengucap terima kasih kepada pemerintah yang memberikan perhatian bagi atlet disabilitas. Reward yang diberikan menjadi motivasi bagi rekannya lain tampil lebih baik di event selanjutnya.

“Terima kasih Bapak Gubernur yang telah memberikan perhatian kepada kami atlet NPC Sumut. Perjuangan kami selama ini diapresiasi dengan bonus yang kami terima ini,”ujarnya.

Untuk menjaga Prokes Covid-19, bonus diberikan melalui perwakilan atlet dan pelatih peraih medali.

Evi Yunita Pohan atlet balap kursi roda mewakili atlet peraih emas. Juanda penerima Perak wakil pejudo putra dan Lifter Putra Candra Efendi mewakili peraih perunggu. Diwaktu yang sama penyerahan secara simbolis juga berlangsung di Aula Kantor Dispora Sumut.

Baca Juga:  Polres Langkat Sasar Lansia dan Milenial

Bonus juga diberikan kepada atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumut yang peraih medali di Peparnas 2021.

Peraih emas bonus senilai Rp 100 juta, medali perak Rp 50 juta, dan perunggu Rp 30 juta.

Dikempatan itu Pelatih atlet yang meraih emas mendapat Rp 20 juta, perak Rp 15 juta dan perunggu Rp 11 juta.

Sementara NPC Sumut, Alan Sastra Ginting berharap bonus bisa dibayar lunas.

Ia mengajak seluruh atlet disabilitas untuk tidak minder dan bisa membuktikan menjadi orang yang bisa berprestasi melalui olahraga.

“Hari disabilitas ini kita berharap menjadi kesempatan bagi mereka dan kita semua kaum penyandang disabilitas kita juga bisa berbuat lebih daripada non disabilitas. Kita tunjukkan NPC Sumut menjadi yang terbaik di Peparnas 2024 nanti. Kita sangat apresiasi sekali penghargaan dari pemerintah Provinsi,”sebut Alan.

Untuk diketahui Peparnas 2021 di Papua, Sumut berhasil masuk lima besar perolehan medali terbaik dengan torehan 27 medali emas, 32 perak, dan 15 perunggu.

Related posts