Baznas Asahan Laksanakan Sosialisasi Kesadaran Berzakat 

Baznas Asahan Laksanakan Sosialisasi Kesadaran Berzakat 
Sosialisasi Kesadaran Berzakat di Kecamatan Meranti, Jumat (29/09/2023). (Foto : Kominfo Asahan). 

ASAHAN I Bisanews.id I Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Baznas Kabupaten Asahan melaksanakan Sosialisasi Kesadaran Berzakat, di Aula Kantor Camat Meranti, Jumat (29/09/2023).

Ketua Baznas Asahan, Ansa’ari Marggolang mengatakan, saat ini pihaknya tidak hanya memberikan zakat kepada 8 mazhab yang sudah ditentukan. Tapi, juga memberikan bantuan kepada kelompok tani dan pelaku UMKM. Selain itu, memberikan pelatihan kepada pelaku usaha elektronik, seperti melatih teknisi HP, yang berkerja sama dengan Disnaker Asahan.

Ansa’ari berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pendapatan zakat dari Kecamatan Meranti.

“Diharapkan, apa yang sudah dikumpulkan dari masyarakat, khususnya umat Islam, akan juga kembali ke mereka,” terang Ansa’ari.

Dia menjelaskan, Baznas merupakan badan yang dibentuk pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001, yang memiliki tugas dan fungsi menyalurkan zakat , infak, dan sedekah. Baznas adalah badan resmi yang bergerak dalam pengumpulan dana zakat secara nasional.

“Keberadaan Baznas sebagai lembaga zakat belum terlalu dikenal oleh masyarakat umum, sehingga masyarakat yang berzakat di Baznas Kabupaten Asahan masih rendah”, ujarnya.

Selain menggelar sosialisasi, Baznas juga menyalurkan zakat untuk fakir miskin yang berada di Kecamatan Meranti.

Sementara Camat Meranti, Sugeng Surya, dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya sosialisasi tersebut hendaknya jumlah zakat di Kecamatan Meranti bertambah dari sebelumnya.

“Sudah beberapa kali zakat yang terkumpul nilainya tetap sama. Dengan adanya sosialisasi zakat dari Baznas, tahun depan zakat dari kecamatan bisa bertambah dari tahun sebelumnya,” ungkap Camat.

Menurut dia, zakat merupakan salah satu komponen dalam Rukun Islam. Zakat memiliki arti sejumlah harta yang wajib di keluarkan oleh umat Islam, untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Karena, sebagian harta yang dikeluarkan tersebut untuk mensucikan harta yang lainnya.

Baca Juga:  Pancasila Mengatasi Tantangan Bangsa dan Relevan Bagi Dunia

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Ketua Baznas Aswan Daulay, kepala desa se-Kecamatan Meranti, pengurus masjid dan musala se-Kecamatan Meranti, Ketua MUI Meranti, serta para penerima zakat.

Writer: KikiEditor: Abdul Muis