Bersama Pangdam I/BB, Bobby Nasution Kembali Susur Sungai Deli, Progres Pembersihan Kini Capai 25 Persen

Bersama Pangdam I/BB, Bobby Nasution Kembali Susur Sungai Deli, Progres Pembersihan Kini Capai 25 Persen
Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama dengan Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan kembali susuri aliran Sungai Deli, Jumat (20/10/2023) siang kemarin. (Poto : Pemko Medan)

MEDAN | Bisanews.id |Penyusuran sungai kembali dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution guna melihat sejauh mana progress Gotong Royong Bersih Sungai Deli Kolaborasi Pemko Medan dengan TNI AD yang telah dilakukan sejak 17 September 2023.

Kali ini penyusuran dilakukan bersama dengan Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Jumat (20/10/2023) siang. Penyusuran dilakukan melalui aliran Sungai Deli, persisnya Jembatan Avros Park Jalan Avros, Kelurahan Kampung Baru, Medan Polonia.

Lokasi penyusuran ini masuk dalam Sektor IV dengan target kerja sepanjang 17.000 meter. Terhitung, panjang penyusuran aliran Sungai Deli yang dilakukan Bobby Nasution bersama Pangdam I/BB dan rombongan sepanjang 4,1 km dan berakhir di aliran sungai Deli Jalan Teratai, Kecamatan Medan Maimun.

Dari total panjang pengerjaan gotong royong Sungai Deli sepanjang 34,5 km, jelas Bobby Nasution, sampai saat ini, tercatat sudah 25 persen pengerjaan yang dilakukan. Persentase ini, ungkapnya, diperoleh dari seluruh sektor mulai Sektor I hingga IV.

“Bersama Pak Pangdam, kita ingin melihat dan mengecek, apakah pengerjaan di lapangan sesuai dengan gambar kerja yang telah ditetapkan dan direncanakan. Selain itu, susur sungai ini juga untuk melihat pengerjaan sesuai dengan progres yang dilaporkan,” kata Bobby Nasution.

Sebelum melakukan penyusuran, menantu Presiden Joko Widodo ini juga sempat melihat papan informasi terkait progress gotong royong. Terlihat, sektor IV memiliki target kerja sepanjang 17.000 meter dengan realisasi pengerjaan 6.400 m.

Sedangkan, sisa pengerjaan sepanjang 10.600 m, ditargetkan akan selesai sampai akhir kegiatan yakni Desember 2023.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan menuturkan, gotong royong pembersihan Sungai Deli yang sudah berjalan hampir tiga Minggu ini telah terlihat progres pengerjaannya.

Baca Juga:  Banjir Rob Belawan, Pemko Medan Kolaborasi dengan Kementerian PUPR

Diharapkannya, keberadaan personil TNI-Polri dan masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan ini dapat terus bersama-sama menjaga dan memelihara sungai agar lebih baik ke depannya.

“Sepintas saya lihat dan laporan yang setiap harinya dikirim Dandim dan Aster ke saya ini sudah memuaskan. Jadi kita lihat dimana yang kurang dan dimana yang harus kita kebut pengerjaannya setelah susur sungai ini akan diketahui,” jelas Pangdam I/BB.

Selanjutnya, Pangdam menambahkan, pengerukan aliran sungai juga sudah dilakukan mulai dari titik awal (Sektor I).

Bahkan, ungkapnya, Kapolda Sumut direncanakan akan membantu pengerjaan gotong royong bersih Sungai Deli dengan memberikan alat apung untuk alat berat excavator.

“Peralatan seperti alat berat, truk dan personil kita cukup. Namun kita kekurangan sarana alat pelampung untuk alat berat excavator. Direncanakan Pak Kapolda Sumut akan memberikan bantuan alat apung tersebut dikirim dari Riau,” tambahnya mengakhiri.