Bulan Oktober Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Berbayar

Bulan Oktober Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Berbayar
Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Foto; PMJ/Instagram keretaapicepat_id).

JAKARTA | Bisanews Selama uji coba ini, Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat dinikmati secara gratis terbatas untuk masyarakat pada periode September 2023. Pada bulan Oktober 2023 nanti, kereta cepat akan diberlakukan berbabayar sesuai dengan regulasi yang diusulkan sebesar 300 ribu rupiah sampai dengan 350 ribu rupiah per orang.

Dilansir dari PMJNews, disampaikan Direktur Perencanaan Startegis dan Pengembangan Usaha PT KAI (Persero) John Robertho, tarif kereta cepat akan berlaku ketika uji coba gratis selesai di akhir September 2023 ini.

“Ini kan lagi proses di regulator di DJKA, ini kemungkinan besar Oktober (mulai berbayar),” katanya Rabu (20/9/2023).

Namun, ia belum bisa memastikan tanggal pasti Commercial Operation Date (COD) KCJB ini. Jika merujuk rencana sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan meresmikan operasional KCJB pada 1 Oktober 2023 nanti. Sejalan dengan itu, dia juga masih menunggu terbitnya izin operasi dari Kementerian Perhubungan.

“Nanti setelah COD Oktober. Untuk tanggalnya kan tunggu dari pemerintah. Kan nanti dari Kemenhub kapan nih selesai uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, terus izin operasi, kita nunggu mereka tepatnya,” jelasnya.

Dikatakan John, saat ini belum diputuskan berapa besaran harga tiket KCJB. Hanya saja, dia sudah memberikan usulan.

Harga tiket yang akan berlaku di Oktober 2023 nanti diusulkan sebesar Rp 300 ribu untuk kelas ekonomi premium tanpa termasuk biaya LRT dan KA Feeder. Kemudian, diusulkan juga Rp 350 ribu untuk tiket bundling dengan LRT dan KA Feeder.

“Di sekitar Rp 300-350 ribu. Itu kelas ekonomi. Kalau mau bundling di Rp 350 ribu,” tandasnya.

 

 

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Disdikbud Medan Gelar Asesmen Kepala Sekolah
Writer: AyEditor: Ayub