Bupati Batu Bara Minta Peran Aktif OPD Terkait Diseminasi Hasil Kelitbangan

Bupati Batu Bara Minta Peran Aktif OPD Terkait Diseminasi Hasil Kelitbangan
Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP menyampaikan sambutannya ketika membuka acara Diseminasi Hasil-Hasil Kelitbangan Kabupaten Batu Bara Tahun 2022, Selasa (05/04/2022), di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara. (Foto: Dok-Kominfobb/Bisanews.id).

BATU BARA | Bisanews.id | Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP secara resmi membuka kegiatan Diseminasi Hasil-Hasil Kelitbangan Kabupaten Batu Bara Tahun 2022, Selasa (05/04/2022), di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara.

Dinas Kominfo Batu Bara merilis, dalam sambutannya Zahir mengatakan kegiatan tersebut sangat penting guna menentukan rencana Pemkab Batu Bara dalam menyebarluaskan ide atau gagasan-gagasannya.

“Saya harapkan para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Batu Bara yang hadir hari ini dapat berperan aktif dalam memberikan masukan, informasi, ide dan gagasan yang nantinya berguna untuk hasil dari diseminasi yang kita laksanakan hari ini,” kata Zahir.

Menurut dia, diseminasi dilakukan guna mengumpulkan dan memaparkan ide dan gagasan dalam pembangunan di Batu Bara untuk mewujudkan masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, dan berbudaya, sebagaimana visi Pemkab Batu Bara.

Sementara Dinas Kominfo Batu Bara menyebut diseminasi hasil kelitbangan adalah salah satu bentuk kegiatan pertanggung jawaban secara akademik yang dilakukan dari setiap hasil kajian.

“Diseminasi bertujuan untuk menunjukkan hasil penelitian yang telah dilakukan kepada stakeholder dan masyarakat luas”, tulis Dinas Kominfo Batu Bara dalam rilisnya.

Dalam konteks strategi proses diseminasi kepada masyarakat, prinsip komunikasi tetap harus menciptakan kepentingan bersama (common interest), yakni bagaimana kepentingan pemerintah dan masyarakat dapat bertemu.

Kegiatan diseminasi dimoderatori Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Batu Bara, Yenny Rosiva Sinaga.

Disebutkan, Bappelitbangda bekerja sama dengan perguruan tinggi maupun pihak swasta telah melaksanakan lima kajian pada 2021 lalu.

Pertama, penyusunan model kebijakan komunikasi publik dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Batu Bara, bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU).

Baca Juga:  Bupati Batu Bara dan Rektor Unpri Teken MoU

Kedua, penyusunan dokumen master plan perikanan 2022 – 2023, bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB).

Ketiga, tentang profil dan analisis kemiskinan Kabupaten Batu Bara 2020, bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara.

Keempat, studi penataan kawasan pemukiman nelayan dan tepi air (waterfront city) Tanjung Tiram oleh CV Citra Pramatra, dan kelima studi penyusunan naskah akademis di Kabupaten Batu Bara oleh PT Gamma Engineering.

Diseminasi dihadiri Ketua Tim Tenaga Ahli USU Prof. Lusiana Andriani Lubis, MA, Ph.D, Tenaga Ahli UNPAB, Konsultan CV Citra Pramatra, Perwakilan BPS Sumatera Utara, dan Kepala OPD se-Kabupaten Batu Bara.

Yuk Bayar Pajak
Writer: RedaksiEditor: Abdul Muis