Bupati Sergai Serahkan Bantuan Sarana Penangkapan Ikan Dan Mesin Kapal

Bupati Sergai Serahkan Bantuan Sarana Penangkapan Ikan Dan Mesin Kapal
Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyerahkan bantuan sarana penangkapan ikan secara simbolis kepada 13 Kelompok Usaha Bersama Kecamatan Tanjung Beringin, di Dusun III, Desa Bagan Kuala, Tanjung Beringin, Senin (28/8/2023).

SERGAI | Bisanews.id |Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menyerahkan bantuan sarana penangkapan ikan dan mesin kapal perikanan beserta kelengkapannya kepada 13 Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kecamatan Tanjung Beringin. Kegiatan berlangsung di Dusun III, Desa Bagan Kuala, Tanjung Beringin, Senin (28/8/2023).

Dalam sambutannya Bupati Sergai menyampaikan, secara geografi Kecamatan Tanjung Beringin adalah wilayah dengan potensi sumber daya alam yang lengkap. Beragam potensi, seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan pariwisata menjadi sektor penggerak ekonomi di kecamatan ini.

“Sejak dahulu kecamatan ini terkenal dengan produksi perikanannya, khususnya perikanan tangkap. Sebanyak 5.445 penduduk di Kecamatan Tanjung Beringin ini adalah masyarakat nelayan. Jumlah ini merupakan separuh, bahkan lebih, dari total jumlah nelayan di Sergai yang berdasarkan statistik tahun 2022, yaitu berjumlah 10.171 jiwa,” ucapnya.

Sebagai wilayah kecamatan dengan jumlah nelayan terbesar di tanah bertuah negeri beradat ini, ujarnya, produktivitas dalam menghasilkan ikan-ikan segar hasil tangkapan di laut bagi masyarakat tentu juga yang paling tinggi dari wilayah kecamatan lainnya.

“Produksi perikanan tangkap dari kecamatan ini pada tahun 2022 mencapai 8.955,14 ton. Produksi ini tentu masih bisa kita optimalkan lagi untuk terus meningkat seiring tren masyarakat yang semakin peduli akan gizi ikan bagi perkembangan tubuh dan kecerdasan otak,” katanya.

Disebutkannya, untuk meningkatkan produksi perikanan tangkap, pada tahun anggaran 2023 ini Pemkab Sergai melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) terus berupaya mewujudkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui program pengembangan kapasitas nelayan kecil dengan kegiatan bantuan sarana dan prasarana pengembangan perikanan tangkap.

Bantuan sarana dan prasarana ini, paparnya, terdiri dari bantuan sarana alat penangkapan ikan, bantuan mesin kapal alat penangkapan ikan yang terdiri dari jaring ikan, lengkap dengan peralatannya, diharapkan dapat membantu produktivitas dalam menangkap ikan.

Baca Juga:  Satu Anggota Brimob Gugur, Ditembak KKB Teroris di Papua Pegunungan

Apalagi, menurutnya, jaring ikan adalah modal utama dalam melakukan usaha penangkapan dan usia pakainya juga relatif singkat.

Ia berharap bantuan mesin kapal dapat meningkatkan mobilitas bagi masyarakat nelayan sehingga lebih mudah menjangkau daerah-daerah penangkapan ikan.

“Bantuan yang telah diberikan harus dijaga dengan baik dan dimanfaatkan secara bijak untuk kepentingan jangka panjang,” lanjutnya.

Di kesempatan ini, Bupati juga berpesan agar nelayan Tanjung Beringin mengembangkan mindset-nya dalam sektor ekonomi. Ia berpendapat, nelayan bisa melirik sumber pendapatan lain di luar perikanan.

“Pertumbuhan pohon kelapa di daerah kita terbukti menguntungkan, dan ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan penghasilan. Selain itu, mari manfaatkan koperasi desa dan BUMDes untuk mendukung usaha masyarakat,” kata Bupati.

Sebelumnya, Kadis Kanla Sergai Klaudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes, melaporkan bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 yang tertampung di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Diskanla Sergai.

“Adapun bantuan tersebut berupa sarana dan prasarana penangkapan ikan dan mesin kapal perikanan. Jumlah kelompok penerima bantuan untuk sarana dan prasarana penangkapan ikan berjumlah 10 (sepuluh) KUB dan untuk mesin kapal perikanan <5 gt (gross tonnage) sebanyak 3 KUB,” katanya.

Ia melanjutkan, penyerahan bantuan ini telah melalui proses panjang, mulai dari pengusulan, survei calon penerima dan calon lokasi door to door, verifikasi dan validasi kelompok nelayan calon penerima yang paling siap menerima bantuan, rapat koordinasi di Pantai Mangrove, hingga nanti monitoring dan evaluasi penggunaan barang bantuan kepada setiap kelompok penerima.

“Semoga bantuan yang diserahkan hari ini mampu dipergunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan taraf kehidupan keluarga dari kelompok nelayan,” tutupnya.

Bantuan berupa sarana dan prasarana penangkapan ikan terdiri dari benang catrol l6, benang nylon l6, cuban besar, cuban sedang, jaring 1 3/4 mata 100, jaring ikan 2 inch mata 200, pelampung sosis, pelampung tek-tek ayam, tali kajar, timah pemberat 45 dan 70, sedangkan bantuan mesin kapal penangkapan ikan berupa mesin diesel 28 pk, gearbox dan pompa siput.

Baca Juga:  Penggemar Sepak Bola Tercantik Yang Harus Dipelototi di Piala Dunia 2022!

Hadir dalam kegiatan Camat Tanjung Beringin Elmiati S.AP, unsur Forkopimcam, dan perwakilan KUB Tanjung Beringin.

Writer: HerryEditor: Abdul Muis