Bupati Zahir Lepas Mahasiswa Penerima Beasiswa Sawit

Bupati Zahir Lepas Mahasiswa Penerima Beasiswa Sawit
Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP menyampaikan kata sambutan pada acara pelepasan mahasiswa/i penerima Beasiswa Sawit, di Aula Rumah Dinas Bupati, Kompleks Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Senin (11/09/2023). (Foto : Diskominfo Batu Bara). 

BATU BARA | Bisanews.id |Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP melepas 14 mahasiswa/i penerima Beasiswa Sawit dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk tahun 2023. Pelepasan dilakukan di Aula Rumah Dinas Bupati, Kompleks Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Senin (11/09/2023).

Hadir Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ir. Sulistiawati, M.Si dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Darwinson Tumanggor.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa/i yang menerima Beasiswa Sawit 2023. Zahir berpesan agar informasi beasiswa seperti ini harus menyeluruh, sehingga kuota beasiswa bisa terpenuhi.

“Informasi beasiswa harus menyeluruh dengan memberikan surat kepada kepala desa. Para pendaftar beasiswa harus dibekali dengan bimbingan belajar, dengan tujuan kuota beasiswa yang tersedia bisa terpenuhi,” ujar Zahir.

Disebutkan, tahun ini Kabupaten Batu Bara memiliki kuota 65 Beasiswa Sawit. Namun, setelah mengikuti tes sesuai prosedur dari Kementerian Pertanian, hanya 14 mahasiswa/i yang mendapatkannya.

Beasiswa Sawit 2023 yang merupakan program dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Beasiswa tersebut ditargetkan kepada pemilik kebun yang memiliki usaha budi daya tanaman kelapa sawit dan keluarganya.

Golongan pendaftar lainnya adalah karyawan atau pekerja pada usaha perkebunan kelapa sawit, keluarga karyawan atau pekerja pada usaha perkebunan kelapa sawit, ASN/PPPK pada bidang perkelapasawitan, hingga anggota/pengurus koperasi atau lembaga yang bergerak dalam perkebunan kelapa sawit.

Penerima beasiswa akan mendapatkan fasilitas, seperti biaya pendidikan penuh, biaya asrama, uang saku, uang buku, magang di perkebunan besar, dan sertifikat kompetensi.

Baca Juga:  Pengkot Kodrat Medan Siap Latihan Bersama Atlet Tarung Derajat se-Sumut
Writer: IsoEditor: Abdul Muis