Deretan Pesepak bola Asing Masuk Islam Saat Memperkuat Indonesia

Deretan Pesepak bola Asing Masuk Islam Saat Memperkuat Indonesia
Deretan Pesepakbola Asing Masuk Islam Saat Memperkuat Indonesia(Foto : Bisanews.id)

BATU BARA I Bisanews.id I Bagi sebagian pemain asing yang tampil di Indonesia, Liga Indonesia ternyata bukan hanya tempat bekerja dan mencari uang. Ada beberapa pemain asing yang memutuskan untuk menetap dan menghabiskan masa tuanya di Indonesia.

Beberapa diantaranya bahkan memilih berpindah agama ke agama Islam, agama terbesar di Indonesia. Keputusan menjadi mualaf ini dipengaruhi banyak faktor. Ada yang merasa “sreg” dengan agama Islam, ada juga yang menjadi mualaf karena menjalin hubungan dengan wanita Indonesia.

Dilansir dari Paragram berikut deretan pesepakbola Liga Indonesia yang memutuskan menjadi mualaf.

1. Christian Gonzales

Pada 2003, striker asal Uruguay yang kini telah menjadi WNI memulai debutnya di kancah sepak bola Indonesia dengan berkostum PSM Makassar. Kultur masyarakat Makassar yang sebagian besar memeluk Islam banyak berpengaruh terhadap proses Gonzales jadi mualaf. Tapi, ada satu momen yang membuat ia benar-benar mantap menjadi muslim, yakni melihat sang istri, Eva Siregar berwudhu. Gonzales yang menikahi Eva pada tahun 1995 mengucap kalimat syahadat pada 9 Oktober 2003 di Surabaya dan berganti nama menjadi Mustafa Habibi.

2. Abanda Herman

Abanda mengucap kalimat syahadat pada 18 April 2013 di Masjid Nurul Iman, Bandung, disaksikan manajemen dan tim pelatih Persib Bandung, termasuk Djadjang Nurdjaman. Ketertarikan pemain asal Kamerun menjadi mualaf sedikit banyak dipengaruhi rutinitasnya bersama Persib yang mayoritas pemainnya beragama Islam. Abanda melihat kedamaian saat rekan-rekannya salat berjamaah.

3. Marcio Sauza da Silva

Pemain asal Brasil Marcio Souza mengucap kalimat syahadat saat memperkuat Semen Padang pada 2010, di Masjid Nurul Iman, Kota Padang, 28 Maret 2010. Sama seperti Abanda Herman, Marcio tertarik menjadi mualaf karena merasa damai saat melihat rekan-rekannya di Semen Padang melakukan salat, baik saat berada di mess maupun perjalanan laga tandang. Setelah memeluk Islam, Marcio Souza berganti nama menjadi Ahmad Marcio. Dia menikahi Rahmi pada 23 Juni 2010.

Baca Juga:  Kantong Pribadi Bobby, Bantu 300 Uang Kuliah Anak Kurang Mampu

4. Danilo Fernando

Danilo Fernando masuk Islam pada 24 Januari 2008. Empat hari setelah mengucap syahadat, Danilo menikahi Windy Fitria Marzuki. Ia lalu berganti nama menjadi Muhammad Danilo Fernando. Danilo kini menetap di Surabaya dan menjalankan bisnis kuliner.

5. Diego Michiels

Pemain naturalisasi dari Belanda, Diego Michiels mengganti namanya dengan Diego Muhammad bin Robbie Michiels setelah mengucap dua kalimat syahadat pada 7 Februari 2013. Momen Diego menjadi mualaf terbilang dramatis karena dilakukan di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pada saat itu Diego menjalani sidang kasus pengeroyokan. Diego membaca kalimat syahadat saat menunggu jalannya sidang.

Related posts