Disambut Marhaban, Dato’ Syamsul: Bupati Zahir Penuhi “Panggilan” Bukan Soal Banyak Uang

Disambut Marhaban, Dato’ Syamsul: Bupati Zahir Penuhi “Panggilan” Bukan Soal Banyak Uang
Bupati Batu Bara selaku Ketua PW MABMI Sumut Ir. H. Zahir, M.AP (berselempang kain merah) saat menerima Balai kebesaran Adat Melayu yang diserahkan Ketua Umum PB Dato’ Seri H. Syamsul Arifin, SE dan Ketua Umum PB AMMI/Bendahara Umum PB MABMI H. OK Faizal, SE (pakai lobe putih) didampingi Syah Afandin SH dan lainnya. (Foto: amar)

Medan | Bisanews.id | Buati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP selaku Ketua Pengurus Wilayah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia Sumatera Utara (PW MABMI Sumut) disambut marhaban saat tiba untuk mengikuti acara tepung tawar di kantor Pengurus Besar (PB) MABMI Jalan Brigjen Katamso No. 43-I, Medan, Minggu (31/7/2022) malam.

Seperti diberitakan sebelum ini, rangkaian acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh Ahmad Husain dan doa oleh H. Syakira Zandi. Lalu ada penyerahan Balai kebesaran Adat Melayu yang dilakukan bersama oleh Ketua Umum PB MABMI Dato’ Seri H. Syamsul Arifin, SE dan Ketua Umum PB Angkatan Muda Melayu Indonesia (AMMI) H. OK Faizal, SE yang juga merupakan Bendahara Umum PB MABMI.

Tepung tawar pertama dilakukan oleh Dato’ Seri H. Syamsul Arifin, SE disusul oleh H. OK. Faizal, SE dan para pengurus PB dan PW lainnya. Dari pengurus PB MABMI antara lain Syahril Tambuse, Zaidan BS, Azrin Marydha,Tengku Daniel Mozad, OK Azhari, Sakhira Zandi, Edi Syahputra, Khairul Muslim, Alamsyah Ahmad dan lain-lain.

Sementara itu dari PW juga hadir Ketua Harian PW MABMI Sumut H. Syah Afandin SH yang juga dikenal sebagai Plt. Bupati Langkat, sekretaris Aja Syahri, serta pengurus lainnya seperti Tarwiyah Hakim, M. Nasir Lubis, Irian Nasution. Hadir pula Ketua Pengurus Daerah (PD) MABMI Batu Bara M. Syafii serta pengurus Himpunan Telangkai Pantun Adat Melayu (HITPAM) Sumatera Utara.

Disambut Marhaban, Dato’ Syamsul: Bupati Zahir Penuhi “Panggilan” Bukan Soal Banyak Uang
Ketua Umum PB AMMI/Bendahara Umum PB MABMI H. OK Faizal, SE (kanan) saat menepung tawar Bupati Batu Bara selaku Ketua PW MABMI Sumut Ir. H. Zahir, M.AP. (Foto: amar)

Ketua PB MABMI Sumut Dato’ Seri H. Syamsul Arifin, SE dalam sambutannya berharap H. Zahir dan segenap rombongan jamaah lainnya menjadi haji yang mabrur dan mabrurah, sehingga segala aspek dari aktifitasnya akan semakin berhasil dengan baik khususnya kepemimpinannya baik di MABMI Sumut maupun sebagai Bupati Batu Bara akan membawa manfaat yang semakin baik bagi masyarakat.

Baca Juga:  Sambangi Pengungsi Banjir, Kapolres Lhokseumawe Ikut Masak

Dato’ Syamsul mengungkap keberangkatan Zahir ini menunjukkan bahwa ia adalah salah satu orang terpilih untuk memenuhi panggilan Allah ke tanah suci. Sebab, menurut Gubernur Sumatera Utara ke-15 itu, melaksanakan ibadah haji bukan sekedar karena orangnya banyak uang, melainkan apakah ia sudah waktunya memenuhi panggilan haji tersebut.

Ia mencontohkan, ada yang sudah menyediakan uang banyak bahkan mampu naik pesawat sendiri tetapi tidak dapat berangkat untuk menunaikan ibadah haji, hanya disebabkan visa hajinya tidak keluarga hingga jadwal pelaksanaan haji selesai. Tetapi, yang lain seperti contohnya Zahir, tanpa uang banyak dapat berangkat dengan baik.

“Melaksanakan ibadah haji itu, labbaik Allahumma labbaik… aku memenuhi panggilan-Mu. Jadi memenuhi panggilan Allah, kita dapat melaksanakan haji karena memenuhi panggilan Allah. Jadi Pak Bupati Zahir ini memenuhi panggilan Allah, bukan karena banyak uangnya,” tutur Dato’ Syamsul yang juga mantan Bupati Langkat tersebut.

Mantan Ketua KNPI Sumut itu juga mengungkap mengapa PB MABMI, bersama PW, melaksanakan syukuran dan tepung tawar kepada Ketua PW MABMI Sumut ini. Menurutnya, momen kepulangan yang baru H. Zahir ini sangat tepat untuk melakukan penyambutan, seperti yang sudah lazim dilakukan. Dengan penyambutan ini, yang belum sampai 40 hari kepulangannya dari tanah suci, diharapkan akan datang berkah dari Allah SWT.

“Saya bukan ustadz, tapi saya mendengar orang yang baru pulang dari haji sebelum 40 hari do’anya maqbul. Nah, kita lakukan ini semoga Pak Zahir mendoakan untuk kebaikan kita semua, mendo’kan MABMI, mendo’akan masyarakat Batu Bara dimana dia menjadi Bupati, sehingga kita mendapat barokah dari Allah SWT,” ungkap Dato’ Syamsul yang juga mantan anggota DPRD Langkat itu yang pada akhir sambutannya mengajak segenap hadirin membacakan Fatihah untuk tokoh masyarakat Melayu yang baru berpulang ke rahmatullah, yaitu Prof. Dr. Ir Hasnudi gelar Datuk Cendekia Indera raja (Dosen Fakultas Pertanian USU).

Baca Juga:  Bupati Zahir Cek Drainase Sebelum Subuh, Siangnya Ekskavator Turun

Setelah itu Ketua Harian PW MABMI Sumut H. Syah Afandin, SH juga turut menyampaikan kata sambutan. Sementara Ketua PW MABMI Sumut Ir. H. Zahir, M.AP sendiri didaulat menyampaikan kesan dan pengalaman selama pelaksanaan haji. Salah satu kesannya, ialah perjuangan berat menghadapi suhu udara yang cukup panas hingga mencapai 42 derajat celcius.

“Namun semua itu, Alhamdulillah, dapat dilalui dengan baik,” ujarnya.

H. Zahir menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada keluarga besar MABMI yang telah menyelenggarakan penyambutan, syukuran dan do’a serta tepung tawar atas kepulangannya dari tanah suci tersebut.

Selain itu, Bupati Batu Bara itu juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut H. Edy Rahmayadi yang telah memberikan izin untuk ia menjadi petugas TPHD Provinsi Sumatera Utara. “Sekarang ini, petugas TPHD tidak bisa langsung-langsung dari daerah saja Pak, tapi harus mendapat izin dari gubernur. Dan saya diberi izin oleh Pak Gubsu Edy Rahmayadi,” ujarnya kepada para hadirin.

Seperti diketahui, keberangkatan Ir. H. Zahir, M.AP ke tanah suci yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 3 Embarkasi Medan, sekaligus sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Provinsi Sumatera Utara. Dalam Kloter 3 ini bergabung jamaah asal Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Simalungun dan Padang Sidimpuan.

Acara syukuran dan tepung tawar diakhiri dengan ramah tamah sembari mencicipi oleh-oleh dari tanah suci berupa air zam zam, kurma dan bawaan lainnya. (amar)

Yuk Bayar Pajak