Disporasu Gelar Penataran Pelatih Sambo Bersertifikat Nasional

Disporasu Gelar Penataran Pelatih Sambo Bersertifikat Nasional
Tampak para pelatih yang ikut penataran serta Sekdisporasu dan pegawai Disporasu di hotel Alam Jalan AR Hakim. (Poto : ayu)

MEDAN | Bisanews.id Dalam menunjang kesuksesan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 msndatang, maka langkah positif harus dibuat guna menambah wawasan para pelatih atlet daerah ini baik pemikiran positif dan tehnik berkualitas, sehingga tak kekurangan ilmu dalam melatih

Dan untuk menyelaraskan hal itu, maka Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Disporasu) mengelar penataran pelatih cabor sambo bersertifikat nasional di Alam Hotel Jalan AR Hakim Medan dari 13-17 Oktober 2023 mendatang.

Tujuan digelarnya penataran pelatih khusus cabor sambo bersertifikat nasional itu tak lain adalah, sebagai wadah pengembangan potensi sebagai guru yang mumpuni bertarap baik daerah, nasional bahkan internasional.

Sebab Disporasu selaku pemerintah yang menangani berbagai keperluan untuk majunya olahraga daerah, jelas sangat ingin melihat para pelatih yang selama ini hanya berkutat ditingkat daerah, bisa mengaplikasikan kemampuannya usai mengikuti penataran pelatih membawa atletnya berlaga di kancah nasional.

Seperti yang dikatakan Kadisporasu, Baharuddin Siagian diwakili Sekdisporssu, Ismail seusai membuka penataran pelatih bertaraf nasional tersebut mengatakan, sudah saatnya Sumut memiliki pelatih bersertifikat nasional sehingga dapat mendidik atlet handal dimasa datang

“Setiap pelatih diperlukan wawasan yang baik untuk menjadi seorang juru taktik agar atlet di bawah arahannya mampu memperlihatkan kehebatannya saat bertanding,” katanya serius.

Ismail kembali mengatakan, adapun prestasi yang diraih para atlet sambo daerah ini yaitu, juara umum senior dengan meraih sembilan medali emas di Ksjurnas Sambo pada Desember 2022 lalu di GOR Bulungan Jakarta.

“Artinya keberhasilan tersebut, harus bisa lebih ditingkatkan lewat latihan serius di bawah arahan pelatih-pelatih bersertirikat nasional, sehingga cabor sambo Sumut mampu meraih rengking teratas dalam hal perolehan medali nantinya di PON XXI 2024 mendatang,” pungkas Ismail mengakhiri.

Baca Juga:  Baskami Ginting Bertekad Sudahi Polemik KPID Sumut

Sedangkan Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Sambo Indonesia Sumatera Utara (Pengprov Persambi Sumut), Jansen Saputra Nainggolan yang ditemui di Medan, Minggu (12/10/2023) mengatakan, adapun nomor laga yang dipertandingkan di PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang, sebanyak 18 kelas diantaranya Nomor Sport dan Nomor Combad.

“Dan peluang untuk meraih pundi-pundi medali emas yaitu, dihasilkan dari nomor laga sport dan combat putra. Sedangkan satu emas putri, dihasilkan dari nomor combat,” katanya serius.

Untuk itulah pihaknya meminta kepada pemerintah segera menentukan sikap mengenai sarana berlatih dan bertanding mumpuni.

“Sebab sampai saat ini PB PON 2024 sendiri belum menentukan tampat layak tanding apakah di kota Binjai, Medan, Sergai, Asahan dan sebagainya,” pungkasnya mengakhiri.