Dua Wanita Bentak Wartawan Terkait Bangunan Diduga Tanpa SIMB di Jl. Selam : Satpol PP Siap Bertindak

Linda (kaos putih) bersama seorang wanita yang disebut-sebut sebagai keluarganya. (Foto : Ayu/Bisanews.id

MEDAN | Bisanews.id | Satu unit rumah di Jalan Selam No. 75, Kel. Tegal Sari Mandala I, Medan Denai, yang masih dalam proses pembangunan, diduga tidak memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB). Informasi di lapangan menyebutkan pemilik bangunan itu bernama Asun.

Ketika wartawan Bisanews.id, Selasa (5/4/2022, hendak mengkonfirmasikan hal itu kepada pemilik bangunan, seorang wanita yang disebut-sebut sebagai putri Asun justru marah-marah.

“Apa urusanmu bertanya sekaligus dengan bangunan ini, terserah mau diapai, dan kau wartawan apa,” kata wanita yang akhirnya diketahui bernama Linda tersebut.

Awalnya Linda mengaku tidak tahu siapa pemilik bangunan tersebut. “Terserah mau diberitakan setiap hari. Dihancurkan (bangunan tersebut) juga tak masalah”, katanya dengan nada menantang.

Dalam kesempatan itu sambil marah-marah Linda juga mencoba merampas hand phone milik wartawan media ini.

Seorang wanita lain yang diduga keluarga Linda juga ikut-ikutan membentak dengan mengatakan bangunan itu berdiri sudah 30 tahun dan tidak ada masalah.

Sementara salah seorang putra Asun, Amin mengaku pihaknya memang tidak ada mengurus SIMB untuk bangunan tersebut. “Saya ada urus sama salah seorang staf Kecamatan Medan Denai,” tegas Amin.

Ketika ditanya siapa nama staf tersebut, Amin sambil berlalu mengatakan nanti dia akan memberitahu. Namun sampai berita ini dikirim ke redaksi, belum ada kabar dari Amin.

Satpol PP Siap Rubuhkan Bangunan Milik Asun

Sebelumnya, Senin (4/4/2022), Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Medan Ir. H. Endar Sutan Lubis yang dihubungi melalui telepon seluler mengatakan pihaknya akan mengecek langsung keberadaan bangunan tersebut.

“Ya, kita juga sudah mendapat surat dari Camat Medan Denai. Untuk itulah akan melakukan kroscek apakah benar satu unit rumah di Jalan Selam No.75 dibangun tanpa SIMB”, kata Endar.

Baca Juga:  Tim Gabungan Evakuasi Korban Terseret Arus Banjir

Menurut Endar, jika benar bangunan itu tanpa SIMB, maka pihaknya akan melayangkan surat peringatan sebanyak tiga kali kepada pemiliknya.

“Dan kalau tidak juga digubris oleh pemiliknya, maka selanjutnya Dinas Perkim Medan menyerahkan langsung masalahnya ke Satpol PP guna dilakukan eksekusi bangunan”, tegasnya.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan Rahmad Harahap yang dihubungi via telepon mengatakan pihaknya segera menkroscek apakah bangunan tersebut sudah memiliki SIMB atau belum.

“Kita siap bekerja sama dengan Dinas Perkim, apakah Asun selaku pemilik rumah sudah ada mengurus surat izin membangun atau belum. Kalau belum, secepatnya kita rubuhkan bangunan rumah tersebut”, tegas Rahmad.

Yuk Bayar Pajak

Related posts