Gubernur Edy Ingin Dance Sport Sumut Semakin Maju

Gubernur Edy Ingin Dance Sport Sumut Semakin Maju
Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis menyampaikan kata sambutan saat membuka Kejurda Dance Sport IODI Sumut, di Manhattan Square Medan, Sabtu (3/6/2023). (Foto : Ayu/Bisanews.id).

MEDAN | Bisanews.id | Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi berharap Dance Sport Sumut ke depannya semakin maju.

Harapan itu disampaikan Edy dalam sambutannya pada penutupan Kejurda Ikatan Olahraga Dance Indonesia (IODI) Sumut Tahun 2023, di Manhattan Square, Medan, Minggu (4/6/2023) sore.

Pada kejurda yang berlangsung Sabtu – Minggu itu Gubernur bersama isteri, Nawal Lubis, didaulat menjadi juri. Edy mengaku sempat bingung, karena pesertanya bagus-bagus.

Sebelumnya, Sabtu (3/6/2023), Kejurda IODI Sumut secara resmi dibuka Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis, di Manhattan Square, Medan. Hadir Ketua Pengprov IODI Sumut drg Tetty, Kadisporasu diwakili Kabid PPO Budi Syahputra, dan pengurus KORMI Sumut M Maimun Masri.

John dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya 10 kabupaten/kota yang ikut serta di Kejurda IODI Sumut, maka diharapkan dance sport bisa menyumbangkan emas lebih banyak di PON 2024 mendatang.

“Targetnya, kalau bisa jangan lagi 6 emas, kalau bisa dapat 10 emas, karena kejurda juga sudah diikuti atlet terbaik dari 10 kabupaten dan kota yang ada di Sumut,” kata John.

Menurut dia, antusias peserta dari 10 kabupaten kota yang hadir, terlihat bagus, sehingga cabang olahraga (cabor) dance sport tak diragukan bisa menorehkan prestasi membanggakan nantinya.

Sementara Wakil Ketua Pengprov IODI Sumut, Agus Salim Samosir SSi MOr AIFO yang juga Ketua Panitia Kejurda IODI Sumut mengatakan, kejurda diikuti puluhan atlet dari 10 perwakilan IODI kabupaten/kota se-Sumut.

Dia membeberkan, IODI Sumut juga akan menambah jumlah atlet yang ikut pelatda. Sebab, para juara kejurda nantinya akan dipromosikan mengikuti tes fisik yang diadakan pada pertengahan Juni 2023 mendatang.

“Ada 20 atlet yang merupakan juara 1 sampai 3 pada kejurda, akan kita kirim mengikuti tes fisik yang diadakan KONI Sumut,” kata Agus yang juga merupakan Ahli Ilmu Faal Olahraga, serta Dosen FIK Unimed.

Baca Juga:  PS Pemko Medan Gelar Laga Persahabatan Dengan Sergai Dan Batu Bara

Dijelaskannya, saat ini ada 13 atlet Sumut yang telah terdaftar masuk Pelatda Berjalan KONI Sumut, sehingga melalui kejurda diharapkan akan lebih banyak lagi atlet IODI daerah itu yang mengikuti tes fisik tahap dua.

Apalagi, lanjutnya, IODI Sumut sendiri menargetkan 6 medali emas pada PON XXI 2024 dari nomor tradisional dance (2), latin (1), breaking (2), dan hip-hop (1).

Disebutkan, pada kejurda kali ini IODI Sumut mempertandingkan 6 kategori, antara lain hip-hip solo, hip hop duo, breaking solo, latin solo, dan tradisional dance duo. Yang lolos ke tahap tes fisik akan diambil dari juara 1, 2, dan 3 pada setiap kategori.

Tampil sebagai juara umum kontingen Kota Medan dengan 4 emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Posisi kedua dipegang Deli Serdang dengan 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Peringkat 3 diraih Kabupaten Sergai dengan 1 perak.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis