Hadapi Peparnas XVII, Atlet NPC Sumut Latihan Pagi Sore

Pelatih Judo, Eka Siregar saat melatih para atlet disabilitas NPC Sumut di Padepokan Judo Jalan Gaharu Medan. (Foto : Ayu/Bisanews.id).

MEDAN | Bisanews.id |  Meski bulan puasa, para atlet Nasional Paralympic Comite (NPC) Sumut menjalankan program latihan pagi dan sore. Itu dilakukan sebagai persiapan menghadapi Pekan Olahraga Atlet Disabilitas (Para Olympic Nasional Peparnas) ke-XVII/2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/4/2022).

Menurut dia, untuk mencapai hasil maksimal dalam sebuah laga, diperlukan atlet yang berkualitas. Namun sebelum menuju ke arah sana, maka dibutuhkan latihan serius.

Dijelaskannya, 65 atlet NPC Sumut telah dipersiapkan mengikuti Pelatda jangka panjang agar nantinya mendapatkan hasil maksimal di ajang multi event tersebut.

Ke-65 atlet itu terdiri dari 35 putra dan 30 putri untuk sembilan cabang olahraga (cabor) yang akan diikuti nanti. Adapun kesembilan cabor tersebut adalah atletik, catur, panahan, tenis meja, angkat berat, renang, judo, bulutangkis, dan tenis lapangan.

Selaku tuan rumah di ajang Peparnas 2024 mendatang, NPC Sumut harus mampu memperlihatkan predikat walaupun saingan dari beberapa daerah cukup berat.

“Justru itulah program jangka panjang lewat latihan kontiniu terus dilakukan pagi sore. Hanya saja di saat Ramadan ini frekwensinya sedikit diringankan bagi atlet muslim,” katanya.

Khusus untuk cabor judo, para atlet terus digembleng pelatih Eka Siregar. “Saya optimis para atlet judo NPC Sumut nantinya mampu meraih prestasi maksimal di berbagai event apa saja. Sebab Eka Siregar merupakan pelatih yang memiliki lisensi,” ucapnya.

Ditanya soal cabor prioritas, Alan mengatakan, semua cabor yang diikuti berpeluang meraih medali. Namun atletik lebih diprioritaskan. “Sebab di atletik banyak nomor. Jadi atlet untuk cabor atletik yang disiapkan berjumlah 32 orang,” jelasnya.

Pihaknya, lanjut Alan, akan menyewa rumah di kawasan Jalan Pancing Medan untuk penginapan atlet supaya tetap terpantau saat berlatih.

Baca Juga:  SMSI Sumut Peroleh Penghargaan Nasional Kemerdekaan Pers

“Saat ini para atlet sudah berlatih di Gedung NPC Sumut dan PPLP Sumut, serta Padepokan Judo di Jalan Gaharu Medan. Seluruh atlet dilakukan antar jemput,” tuturnya seraya menambahkan ada 2.725 atlet dan ofisial yang ikut di ajang Peparnas.

Related posts

Program Desa Binaan Bhakti Sosial Kepada Masyarakat Bantuan Sembako